Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA DI SMP ISLAM AL-BISYRI SEMARANG
Ainur Rohmah (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP Islam Al – Bisyri Semarang. 81 halaman
Agresifitas adalah Berlaku fisik atau verbal yang di sengaja bertujuan untuk melukai orang lain. Jika terdapat perilaku yang dapat menyakiti atau melukai orang lain tetapi tidak dilakukan secara sengaja tidak dapat dikatakan sebagai Agresi. Tingkah laku ini mencakup 4 faktor, yaitu tujuan untuk melukai atau mencelakakan, individu yang terjadi pelaku, individu yang menjadi korban, dan ketidakinginan beban menerima tingkah laku si pelak (Baron dalam (Afriany et al.2019)).
Berdasarkan hasil observasi, lingkungan SMP Islam Al – Bisyri Semarang merupakan lingkungan yang terdapat peserta didik yang suka mengatakan hal – hal negatif yang tidak pantas, berkata kasar dan mengatakan temannya dengan kalimat – kalimat yang kurang baik, menghina teman sehingga menimbulkan perselisihan.
Maka, penelitian dilakukan bertujuan mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk mengurangi perilaku agresif verbal di SMP Islam Al – Bisyri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan cara bermain peran lebih efektif. Dibuktikan pada uji Independent T-Test nilai mean pada post-test kelompok eksperimen yaitu 21.40 lebih kecil dari nilai post-test kelompok kontrol yaitu 25.30.
Kata kunci : Bimbingan kelompok, Bermain peran, Mengurangi Perilaku Agresif Verbal
024/BK/PUS/II/2023 | 024/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain