Text
SKRIPSI : PENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING PADA SISWA SMPN 1 TAWANGHARJO
Kukuh Anggar Dany (2023), Peningkatan Interaksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Pada Siswa SMPN 1 Tawangharjo.Skripsi. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang.
Siswa merupakan individu yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dalam proses perkembangannya memerlukan bantuan dalam menjalin interaksi dengan orang lain baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun di masyarakat.Siswa kurang mampu berinteraksi sosial akan dapat menghambat pembentukan kepribadian dan aktualisasi diri dalam kehidupan, terutama dalam meraih prestasi di sekolah dan dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah-masalah lain yang lebih kompleks lagi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan interaksi sosial melalui bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada siswa SMPN 1 Tawangharjo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design (eksperimen yang betul-betul). Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design.
Hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling dilakukan dari pada tanpa teknik modeling. hasil analisis data dari spss menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok kontrol setelah di beri perlakuan memiliki nilai rata-rata post-test 87,6000 lebih rendah dari nilai post-test kelompok ekperimen yaitu 95,6000.
Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan interaksi sosial siswa yang sebelumnya interaksi sosial siswa masih kurang dan terjadi peningkatan dikarenakan peneliti menerapkan peningkatan inteaksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada siswa SMPN 1 Tawangharjo.
Kata kunci : interaksi sosial,bimbingan kelompok,teknik modeling
025/BK/PUS/II/2023 | 025/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain