Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS LAYANAN DASAR BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA SISWA MTs AL IKHWAN KLITIH KARANGTENGAH DEMAK
Mukhamad Choirud Dai (2023), Efektivitas Layanan Dasar Bimbingan Konseling Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan Media Film Pada Siswa MTs Al Ikhwan Klitih Karangtengah Demak Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. 68 Halaman. Motivasi adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam kegiatan belajar. pada situasi sekolah misalnya, sebagian siswa dapat mengarahkan kekuatan itu dengan sendiri dan melakukannya dengan sangat baik, sementara ada siswa yang membutuhkan bantuan orang lain. Media Film digunakan sebagai media belajar bagi siswa karena melalui film dapat memperlihatkan gambaran nyata dari suatu permasalahan. Film juga dibuat untuk mengasah kemampuan kognitif dan membuat siswa dapat berpikir lebih kritis, sehingga dapat mendukung kegiatan belajar di sekolah. Selain itu film digunakan sebagai media belajar tidak lepas dari kondisi siswa saat ini yang berkembang dalam budaya teknologi informasi yang pesat. Berdasarkan hasil observasi pemberian layanan dasar bimbingan konseling mengenai motivasi belajar belum pernah di lakukan di MTs Al Ikhwan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas layanan dasar bimbingan konseling sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan media film pada siswa MTs Al Ikhwan Klitih Karangtengah Demak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design (Eksperimen betul-betul) dengan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII MTs Al Ikhwan Klitih Demak. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah layanan dasar bimbingan konseling sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan media film pada siswa MTs Al Ikhwan Klitih Karangtengah Demak sedikit lebih efektif dilakukan dengan menggunakan media film dari pada tanpa menggunakan media film. Hasil analisis data dari SPSS menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok kontrol sebelum diberikan layanan adalah 96,65 sedangkan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum diberikan layanan adalah 98,50. Setelah diberikan layanan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 109,87 sedangkan setelah diberikan layanan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 112,00. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok kontrol sedikit lebih rendah dari nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen.
Kata kunci : layanan dasar bimbingan konseling, media film, motivasi belajar
028/BK/PUS/II/2023 | 028/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain