Text
SKRIPSI : IMPLEMENTASI PELAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM PROGRAM KELAS INDUSTRI DI SMK NU MA’ARIF KUDUS
Eka Putri Utami (2023) Implementasi Pelayanan Bimbingan Karir Dalam Program Kelas Industri di SMK NU Ma‟arif Kudus. Program Studi Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas IKIP Veteran. Semarang. Skripsi.
Rumusan masalah adalah 1) bagaimanakah kontribusi guru bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan karir di kelas industry; 2) bagaimanakah program dan bimbingan karir pada siswa kelas indutri; 3) bagaimanakah ketercapaian program kelas industri dalam menciptakan kader siap kerja. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer adalah wawancara bersama informan dan sumber data primer terdiri dari beberapa sumber pendukung. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dan analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Kontribusi guru BK dalam pembinaan karir siswa di SMK NU Maarif Kudus dalam menciptakan kader siap kerja adalah salah satu jenis bimbingan yang berusaha membantu individu dalam memecahkan masalah perencanaan dan pembinaan karir. Selain itu, kotribusi guru BK adalah dengan memberikan pembinaan, arahan dan nasihat. Pemberian bantuan kepada peserta didik atau konseli untuk pertumbuhan, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan keputusan karir berdasarkan informasi potensi diri kesempatan yang tersedia dilingkungan kerja. Kontribusi guru dalam bentuk bimbingan diberikan dalam bentuk kelompok dikelas atau secara individu. (2) Program dan bimbingan karir pada siswa kelas industri ada beberapa bentuk layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan konseling perorangan, layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam layanan bimbingan karir antara lain adalah dengan menggunakan metode mauidzoh hasanah, nasehat dan arahan. Pelaksanaan bimbingan dikelas 1 jam perminggu, layanan yang terlaksana biasanya terkait bidang hanya tiga yaitu bimbingan karir secara individu, secara kelompok, maupun dalam bentuk kelas industri. Pada layanan penempatan dan penyaluran sesuai dengan informasi tekait dengan pemilihan pekerjaan dan pemilihan juruasan saat kuliah, sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa tersebut dan menempatkan sesuai dengan nilai yang diperoleh siswa. (3) Ketercapaian program kelas industri dalam menciptakan kader siap kerja adalah siswa di SMK NU Maarif Kudus bahwa peserta didik sangat antusias dan semangat dalam mengikuti materi bimbingan karir guru BK sebab informasi yang disampaikan guru BK mudah dimengerti oleh peserta didik. Selain itu, saat guru BK mengadakan penyuluhan tentang karir siswa ikut serta mengikuti bimbingan sampai selesai. Program kelas industri telah mencapai keberhasilan hal ini terbukti lulusan SMK NU Maarif Kudus siap dan memiliki ketrampilan untuk masuk dalam dunia kerja.
Kata Kunci: Pelayanan Bimbingan Karir; Program Kelas Industri
032/BK/PUS/II/2023 | 032/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain