Text
SKRIPSI : EFEKTIVITAS LAYANAN KLASIKAL TERHADAP KEDISIPLINAN TATA TERTIB DI SMP NU 10 RINGINARUM KABUPATEN KENDAL
SHERLY MUSTIKA , 2219110015, EFEKTIVITAS LAYANAN KLASIKAL TERHADAP KEDISIPLINAN TATA TERTIB DI SMP NU 10 RINGINARUM KABUPATEN KENDAL. Kedisiplinan sekolah peserta didik tentunya hal penting yang harus terwujuddi sekolah. Sebab, kedisiplinan sekolah peserta didik sangat bermanfaat untuk kemajuan sekolah. Sekolah yang mempunyai peserta didik yang disiplin, maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika sekolah mempunyai peserta didik yang kurang disiplin, maka proses pembelajaran tentu saja tidak berjalan dengan maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungannya Efektivitas Layanan Klasikal Terhadap Kedisplinan Tata Tertib di SMP NU 10 Ringinarum Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat korelasi. Sampel sumber data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi instrumen adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan SPSS. Teknik analisisdata dilakukan dengan wawancara, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui adanya hubungan kedisplinan yaitu dengan menggunakan layanan klasikal. Program layanan klasikal inidisusun secara sistematis dan terencana. Pelaksanaan layanan klasikal dalam meningkatkan kedisiplinan sekolah peserta didik melalui beberapa langkah, yaitu kesiapan ruang,kesiapan alat dan bahan,kesiapan media,kesiapan siswa,dan kesiapan materi. Sehingga demikian setelah peneliti melaksanakan layanan klasikal dapat dapat disimpulkan bahwa layanan klasikal sangat kuat hubungannya dengan kedisiplinan peserta didik. Semakin sering dilaksanakan layanan klasikal di sekolahan semakin baik kedisiplinan peserta didik.
Kata Kunci : Layanan Klasikal , Kedisiplinan Sekolah.
034/BK/PUS/II/2023 | 034/BK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain