Text
SKRIPSI : ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) DI POLI KIA PUSKESMAS X DEMAK
Pelayanan kesehatan yang diberikan Poli K esehatan Ibu dan Anak Puskesmas X Demak saat ini dirasakan masih belum memenuhi harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pelayanan kesehatan yang dikaitkan dengan survei kepuasan masyarakat yang mendapatkan pelayanan di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas X Demak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 100 responden dengan teknik pengambilan secara accidental sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat yang terdiri dari sembilan indikator survei kepuasan masyarakat. Hasil pengukuran survei kepuasan masyarakat menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan kesehatan dan survei kepuasan masyarakat yang diberikan Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas X Demak berada pada kategori “Baik” dengan jumlah nilai konversi sembilan indikator survei kepuasan masyarakat adalah 65,75.
Hasil analisis penelitian menunjukan melalui uji korelasi product moment pearson menunjukan tidak ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi tangibles terhadap survei kepuasan masyarakat di Poli Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas X Demak dengan nilai sig. 0,053 > 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi reliability terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000> 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi responsiveness terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000> 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi assurance terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000 > 0,05. Ada hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi empathy terhadap survei kepuasan masyarakat dengan nilai sig. 0,000 > 0,05.
Kata Kunci : Survei Kepuasan Masyarakat, Kesehatan Ibu dan Anak, Kualitas Pelayanan
004/ADK/PUS/II/2023 | 004/ADK/PUS/II/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain