Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pembelajaran Teaching Factory Berbasis Kecerdasan Artifisial pada Sekolah Menengah Kejuruan Era Industri 4.0

Text

Pembelajaran Teaching Factory Berbasis Kecerdasan Artifisial pada Sekolah Menengah Kejuruan Era Industri 4.0

Sintha Wahjusaputri - Nama Orang; Bunyamin - Nama Orang; Wati Sukmawati - Nama Orang; Tashia Indah Nastiti - Nama Orang; M.Kom Johan - Nama Orang;

Model teaching factory berbasis kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) pada pendidikan menengah vokasi (SMK) memiliki karateristik dan penekanan pada pembekalan para peserta didik dengan kompetensi dan karakter kewirausahaan (technopreneurship) yang relevan dengan mitra industri (DU-DI). Isu-isu tantangan adalah: 1) Tenaga Kerja, peserta didik dan guru belum teredukasi dengan baik oleh pengetahuan dan pembelajaran kecerdasan artifisial; 2) Digitalisasi/infrastruktur belum memadai; 3) Kolaborasi Industri (DU-DI)-Sekolah dalam mengasah keterampilan peserta didik; 4) Kapasitas pelatihan berbasis kecerdasan artifisial; dan 5) Regulasi/kebijakan sekolah.

Keberhasilan model teaching factory berbasis kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: Tahap I: Desain Produk. Pada tahap ini, dilakukan persiapan awal produk yaitu mempersiapkan sumber daya manusia (peserta didik dan guru), potensi sekolah, anggaran, bahan baku, infrastruktur dan mitra (DU-DI) yang terkait. Tahap II. Merancang Prototype. Pada tahap ini, melakukan pengembangan berupa gagasan dan pembuatan prototype awal (generasi I, II, III) melalui penelitian dan pengembangan (R&D) hingga pengujian produk. Tahap III: Presentasi Produk dan Pemasaran Masal. Pada tahap ini melakukan promosi ke pihak konsumen/ pengguna produk dan mitra industri (DU-DI), hingga tercapai pemasaran masal produk (siklus improvement) di pasaran.

Buku ini diharapkan menjadi sebuah informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pendidik, peserta didik tingkat pendidikan menengah baik SMK/SMA.


Ketersediaan
647.9 SIN p C1647.9 SIN p C1Perpustakaan PusatTersedia
647.9 SIN p C2647.9 SIN p C2Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
647.9 SIN p C1
Penerbit
Yogyakarta : Bintang Semesta Media., 2023
Deskripsi Fisik
ix+116 hlm ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
647.9
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
Teaching Factory
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik