Text
Skripsi : HUBUNGAN LAYANAN ORIENTASI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP DAARUL QUR’AN UNGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Muhammad Faris Arief (2022). “Hubungan Layanan Orientasi dengan
Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Daarul Qur’an Ungaran Tahun Ajaran
2021/2022”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET. 113
Halaman.
Di setiap awal tahun ajaran sekolah mengenalkan kepada siswa keadaan
sekolah agar para siswa mampu menyesuiakan diri dengan baik. Layanan
pertama yang diberikan oleh guru adalah layanan orientasi. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara layanan orientasi
dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Daarul Qur’an Ungaran tahun
ajaran 2021/2022, dimana SMP ini merupakan sekolah yang memiliki sistem
asrama.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif dan korelasi. Penelitian ini termasuk penelitian ex post
facto. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan rumus anlisis
deskriptif, serta analisis korelasional dengan teknik analisis korelasi pearson
product moment dengan bantuan SPSS for widows versi 18.0.
Hasil dari peneltian menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman
layanan orientasi yang sangat tinggi dan memiliki penyesuaian diri yang tinggi,
sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara layanan orientasi
dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Darul Qur’an Ungaran tahun
ajaran 2021/2022 dengan korelasi berkategori sedang.
Kata Kunci: Hubungan, Layanan Orientasi, Peny
007/BK/PUS/II/2022 | 378.2 ARI h | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain