Text
Skripsi : PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIK DI MA DARUL ULUM BANDUNGHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Yoga Adi Yahya (2022). “Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Pendidik dalam
Rangka Meningkatkan Kompetensi Dasar Pendidik di MA Darul Ulum
Bandungharjo”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Ivet. 44 halaman.
Latar belakang penelitian adalah MA Darul Ulum Bandungharjo memiliki
tenaga pendidik yang belum linier dengan materi yang diajarkan dan masih
menyelesaikan pendidikan strata satu. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui
kinerja tenaga pendidik (2) mengetahui perencanaan pengembangan dan pelatihan
(3) mengetahui pelaksanaan pengembangan dan pelatihan (4) mengetahui kendala
dan cara mengatasi kendala pengembangan dan pelatihan tenaga pendidik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang
digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh
dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi menggunakan metode
triangulasi untuk pemeriksaan keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan
alur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil
penelitian ini adalah (1) Penilaian kinerja guru dilakukan secara rutin dan
langsung oleh kepala sekolah dibantu wakil kepala sekolah, secara umum hasil
penilaian sudah baik, guru dapat mengajar dan mengelola kelas dengan baik
namun tetap perlu ditingkatan agar kualitas dari kinerja guru dapat dipertahankan
tertutama dalam kompetensi pedagogik dan profesional karena tenaga pendidik
masih terdapat yang belum linier dengan bidangnya. (2) Perencanaan
pengembangan dan pelatihan di MA Darul Ulum Bandungharjo baru dilakukan
secara insidental pada saat terdapat informasi pengembangan dan pelatihan tenaga
pendidik dari dinas maupun pihak luar. Belum ada perencanaan secara tertstruktur
dan jangka pajang yang dilakukan oleh sekolah. (3) Pelaksanaan pengembangan
dan pelatihan tenaga pendidik dalam rangka meningkatkan kompetensi dasar
tenaga pendidik berupa adalah berupa keikutsertaan tenaga pendidik dalam
kegiatan MGMP, pendidikan lanjut, bimbingan teknis serta kegiatan seperti
lokakarya dan workshop namun belum ada pembuatan karya ilmiah atau karya
tulis sebagai bentuk pelaksanaan PKB. Adapun kegiatan yang pernah diikuti
adalah diantaranya diklat tentang implementasi kurikulum merdeka yang
diselenggarakan oleh kementrian agama kabupaten Jepara, pelatihan TIK untuk
mempercepat digitalisasi sekolah dan seminar pembuatan soal HOTS yang dibuat
oleh forum MGMP. (4) Kendala yang muncul adalah kurangnya pendanaan yang
dialokasikan untuk pengembangan dan pelatihan tenaga pendidik sehingga guru
masih sering menggunakan dana pribadi untuk mengikuti kegiatan dan sekolah
belum mampu melaksanakan secara mandiri pengembangan dan pelatihan tenaga
pendidik. Upaya mengatasi kendala tersebut adalah dengan mencari informasi
pelatihan yang tidak berbayar dan kepala madrasah mengupayakan agar
memperoleh dana tambahan setiap tahunnya untuk pelaksanaan kegiatan
pengembangan dan pelatihan tenaga pendidik.
Kata kunci : Pengembangan dan Pelatihan, Tenaga Pendidik , Guru
003/EKO/PUS/II/2022 | 378.2 | Perpustakaan Pusat (Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain