Text
Skripsi : PENGARUH KUALITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS IVET SEMARANG 2020/2021 - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Fatimah (2021). Pengaruh Kualitas Model Pembelajaran Daring terhadap
Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas IVET
Semarang 2020/2021. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan Ilmu
Pendidikan. Universitas IVET. 53 halaman.
Universitas IVET Semarang merupakan salah satu kampus yang
menggunakan model pembelajaran daring akibat dari covid-19 mulai 2019/2020
sampai dengan tahun akademik 2020/2021. Dosen dan mahasiswa mendapat
beberapa masalah dan kendala diantaranya dosen dalam penyampaian materi yang
kurang jelas, tingkat pemahaman mahasiswa dalam menangkap materi yang di
sampaikan, kuota internet terbatas, serta jaringan internet dalam wilayah tertentu
belum stabil. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kualitas
model pembelajaran daring di prodi pendidikan ekonomi Universitas IVET
Semarang; (2) Untuk mendiskripsikan prestasi belajar; (3) Untuk mengetahui
pengaruh kualitas model pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 72
mahasiswa. Variabel penelitian: (X) kualitas model pembelajaran daring dan
variabel (Y) prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi 2020/2021. Metode
pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan analisi regresi. Hasil penelitian ini (1) kualitas model
pembelajaran daring tinggi dengan rata-rata indikator mencapai 76,52%; (2)
indeks prestasi belajar rata-rata 3,46; (3) adanya pengaruh signifikan kualitas
model pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan
ekonomi Universitas IVET Semarang 2020/2021 dengan koefisien F hitung
sebesar 5,660 dengan probabilitas signifikan (0.020 ≤ 0,05) dan koefisien
determinasi sebesar 0,062. Dengan demikian dosen dan mahasiswa harus semakin
meningkatkan kualitas model pembelajaran daring untuk mencapai prestasi yang
lebih tinggi.
Kata kunci: pembelajaran daring dan prestasi belajar.
004/EKO/PUS/II/2022 | 378.2 FAT p | Perpustakaan Pusat (Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain