Text
Skripsi : PENGARUH POLA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS IVET SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Feni Rahmania. Pengaruh Pola Pembelajaran Kewirausahaan dan Penggunaan
Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan
Ekonomi Angkatan 2020 Universitas IVET Semarang. Skripsi. Pendidikan Ekonomi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana tingkat Pola Pembelajaran
Kewirausahaan mahasiswa (2) Bagaimana tingkat Penggunaan Media Sosial
mahasiswa (3) Bagaimana tingkat Minat Berwirausaha Mahasiswa (4) Apakah terdapat
pengaruh Pola Pembelajaran Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap
Minat Berwirausaha mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2020
Universitas IVET Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Responden yang diteliti sebanyak 44 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dengan metode dokumentasi. Dengan
objek penelitian mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 Universitas
IVET Semarang. Data diuji untuk mencari kebenaran dengan menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1) Pola pembelajaran kewirausahaan mahasiswa prodi S1
Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 termasuk kedalam kategori sedang dilihat dari
hasil perhitungan rata-rata kelima indikator angket sebesar 80,8%. (2) Penggunaan
Media Sosial mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 termasuk
kedalam kategori tinggi dilihat dari hasil perhitungan rata-rata kelima indikator angket
sebesar 85%. (3) Minat Berwirausaha mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi
angkatan 2020 termasuk kedalam kategori sedang dilihat dari hasil perhitungan ratarata kelima indikator angket sebesar 81,4%. (4) Pengaruh pola pembelajaran
kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha diperoleh
nilai �ℎ����� (13,224) > ������ (2,43) dan tingkat signifikansinya (0,000) < 0,05. Dapat
disimpulkan bahwa antara pola pembelajaran kewirausahaan dan penggunaan media
sosial secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha. (5) Koefisien
determinasi antara pola pembelajaran kewirausahaan dan penggunaan media sosial
terhadap minat berwirausaha sebesar 36,2% sedangkan sisanya 63,8% dapat dijelaskan
oleh faktor-faktor lain yang diteliti dalam penelitian lain.
Kata Kunci : Pola Pembelajaran kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial, dan
Minat Berwirausaha.
005/EKO/PUS/II/2022 | 378.2 RAH p | Perpustakaan Pusat (Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain