Text
Skripsi : PENGARUH PELAKSANAAN PENGAJARAAN TERHADAP PENINGKATAN PEMINATAN BELAJARMATA PELAJARAN IPS-SEJARAH PADA SISWA KELAS VIII SMP IT ADA SECANG MAGELANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Rifaldy Firdaus. (NPM. A1417110034). Pengaruh Pelaksanaan Pengajaran
Terhadap Peningkatan Peminatan Belajar Mata Pelajaran IPS – Sejarah
Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Ada Secang Magelang. Skripsi. Semarang:
Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas IVET (UNISVET).2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pengajaran
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah di Sekolah
Menengah Pertama (SMP) IT Ada Secang Magelang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP IT Ada Secang Magelang tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 60
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan),
kuesioner (angket) dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk
melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk
mengungkap pengaruh variabel pelaksanaan pengajaran terhadap minat belajar
siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji
reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s dengan jumlah responden 60
orang siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar memiliki pengaruh
yang cukup rendah terhadap proses belajar dengan hasil 64,6% dan 35,4%
dipengaruhi oleh faktor lain, yang terdiri dari faktor intern seperti faktor
kepribadian individual dan faktor ekstern seperti faktor dorongan orang tua, faktor
teman sebaya, faktor guru, faktor metode pembelajaran, faktor lingkungan dan
perkembangan teknologi.
Kata kunci: Pelaksanaan pengajaran, Minat belajar, IPS-Sejarah
004/SEJ/PUS/II/2022 | 378.2 FIR p | Perpustakaan Pusat (Sejarah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain