Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENGARUH PELAKSANAAN PENGAJARAAN TERHADAP
PENINGKATAN PEMINATAN BELAJARMATA PELAJARAN
IPS-SEJARAH PADA SISWA KELAS VIII SMP
IT ADA SECANG MAGELANG - CD Skripsi

Text

Skripsi : PENGARUH PELAKSANAAN PENGAJARAAN TERHADAP PENINGKATAN PEMINATAN BELAJARMATA PELAJARAN IPS-SEJARAH PADA SISWA KELAS VIII SMP IT ADA SECANG MAGELANG - CD Skripsi

Firdaus, Rifaldy - Nama Orang;

ABSTRAK
Rifaldy Firdaus. (NPM. A1417110034). Pengaruh Pelaksanaan Pengajaran
Terhadap Peningkatan Peminatan Belajar Mata Pelajaran IPS – Sejarah
Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Ada Secang Magelang. Skripsi. Semarang:
Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas IVET (UNISVET).2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pengajaran
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah di Sekolah
Menengah Pertama (SMP) IT Ada Secang Magelang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP IT Ada Secang Magelang tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 60
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan),
kuesioner (angket) dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk
melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk
mengungkap pengaruh variabel pelaksanaan pengajaran terhadap minat belajar
siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji
reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s dengan jumlah responden 60
orang siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar memiliki pengaruh
yang cukup rendah terhadap proses belajar dengan hasil 64,6% dan 35,4%
dipengaruhi oleh faktor lain, yang terdiri dari faktor intern seperti faktor
kepribadian individual dan faktor ekstern seperti faktor dorongan orang tua, faktor
teman sebaya, faktor guru, faktor metode pembelajaran, faktor lingkungan dan
perkembangan teknologi.
Kata kunci: Pelaksanaan pengajaran, Minat belajar, IPS-Sejarah


Ketersediaan
004/SEJ/PUS/II/2022378.2 FIR pPerpustakaan Pusat (Sejarah)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378.2 FIR p
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Pendidikan Sejarah
004/SEJ/PUS/II/2022
Rifaldy Firdaus
A1417110034
Info Detail Spesifik
Haed cover warna biru cd skripsi jurusan pendidikan sejarah
Pernyataan Tanggungjawab
Rifaldy Firdaus
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik