Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB AISYIYAH 30 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Wulandari. 2022. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Bentuk Geometri
Dengan Menggunakan Media APE (Alat Permainan Edukatif) Anak
Usia 3 – 4 Tahun Di KB Aisyiyah 30 Semarang Tahun Ajaran 2022.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. Dosen
Pembimbing Prof. Dr. Rustono, M. Hum, Dian Pramita, M.Hum
Kata Kunci: alat permainan edukatif, kemampuan kognitif, geometri Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang muncul pada
anak KB Aisyiyah 30 Semarang, yaitu masih rendahnya kemampuan kognitif
anak dalam mengenal bentuk geometri karena kurangnya alat atau media
pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reasearch)
yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali
pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak KB
Aisyiyah 30 Semarang sebanyak 7 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 3
anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian dapat dilihat melalui skor kemampuan kognitif anak dari pra
siklus, akhir siklus I, dan akhir siklus II. Kondisi awal anak sebelum tindakan
menunjukkan bahwa aspek kognitif anak Kelompok Bermain Aisyiyah 30
Semarang 14,29% pada tingkat berkembang sesuai harapan kemudian disiklus I
meningkat menjadi 14,29% di tingkat kemampuan berkembang sangat baik dan
pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,71% pada tingkat kemampuan
berkembang sangat baik yang mengalami keberhasilan pada indikator kinerja.
Perubahan perilaku belajar setelah melaksanakan kegiatan mengenal bentuk
geometri dengan menggunakan media alat permainan edukatif seperti anak
memperhatikan guru saat menyampaikan pembelajaran; anak menunjukan
ketertarikan pada media alat permainan edukatif. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat permainan edukatif
dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak KB
Aisyiyah 30 Semarang.
001/PAUD/PUS/II/2022 | 378.2 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain