Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL
BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA
APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) ANAK USIA 3 – 4
TAHUN DI KB AISYIYAH 30 SEMARANG
TAHUN AJARAN 2022 - CD Skripsi

Text

Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KB AISYIYAH 30 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022 - CD Skripsi

Wulandari - Nama Orang;

ABSTRAK
Wulandari. 2022. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Bentuk Geometri
Dengan Menggunakan Media APE (Alat Permainan Edukatif) Anak
Usia 3 – 4 Tahun Di KB Aisyiyah 30 Semarang Tahun Ajaran 2022.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet Semarang. Dosen
Pembimbing Prof. Dr. Rustono, M. Hum, Dian Pramita, M.Hum
Kata Kunci: alat permainan edukatif, kemampuan kognitif, geometri Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang muncul pada
anak KB Aisyiyah 30 Semarang, yaitu masih rendahnya kemampuan kognitif
anak dalam mengenal bentuk geometri karena kurangnya alat atau media
pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reasearch)
yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali
pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak KB
Aisyiyah 30 Semarang sebanyak 7 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 3
anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian dapat dilihat melalui skor kemampuan kognitif anak dari pra
siklus, akhir siklus I, dan akhir siklus II. Kondisi awal anak sebelum tindakan
menunjukkan bahwa aspek kognitif anak Kelompok Bermain Aisyiyah 30
Semarang 14,29% pada tingkat berkembang sesuai harapan kemudian disiklus I
meningkat menjadi 14,29% di tingkat kemampuan berkembang sangat baik dan
pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,71% pada tingkat kemampuan
berkembang sangat baik yang mengalami keberhasilan pada indikator kinerja.
Perubahan perilaku belajar setelah melaksanakan kegiatan mengenal bentuk
geometri dengan menggunakan media alat permainan edukatif seperti anak
memperhatikan guru saat menyampaikan pembelajaran; anak menunjukan
ketertarikan pada media alat permainan edukatif. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat permainan edukatif
dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak KB
Aisyiyah 30 Semarang.


Ketersediaan
001/PAUD/PUS/II/2022378.2Perpustakaan Pusat (PG PAUD)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378.2
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
001/PGPAUD/PUS/II/2022
Wulandari
B2618110006
PG PAUD
Info Detail Spesifik
Hard cover warna biru cd skripsi jurusan pg-paud
Pernyataan Tanggungjawab
Wulandari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik