Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA II TLOGOTIRTO GROBOGAN TAHUN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Salsabila,Dina,2022. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Permulaan dengan
Menggunakan Media Playdough pada kelompok TK A Dharma
Wanita II Tlogotirto Grobogan 2021/2022”. Pendidikan Guru
PAUD. Sarjana. Universitas Ivet Semarang.
Kata kunci: anak usia dini, baca tulis permulaaan, dan playdough.
Meningkatkan kemampuan baca tulis permulaaan pada kelompok TK A
menjadi kendala bagi guru. Hal ini dikarenakan kurangnya minat peserta didik
untuk belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
baca tulis permulaaan pada peserta didik dengan menggunakan media playdough
pada kelompok TK A di TK Dharma Wanita II Tlogotirto Grobogan. Jenis
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus,
subyek dalam penelitian ini berjumlah 11 peserta didik. Teknik analisis yang
digunakan adalah teknik analisis deskripsi kualitatif.
Hasil penelitian adalah kemampuan baca tulis permulaaan pada peserta didik
berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari Selama proses penelitian
berlangsung kegiatan pembelajaran berbahasa pada aspek baca tulis permulaan
dengan menggunakan media playdough di TK Dharma Wanita II Tlogotirto
Grobogan berjalan dengan baik, banyak peserta didik lebih memperhatikan guru
ketika menyampaikan pembelajaran, kelancaran peserta didik yang meningkat
dalam menjawab pertanyaan dan mengungkapkan pendapat.kemampuan awal dari
11 peserta didik diperoleh data bahwa kondisi awal sebanyak 1 atau 9,1% peserta
didik dalam kategori Belum Berkembang, 9 atau 81,8% kategori Mulai
Berkembang, 1 atau 9,1% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, dan 0%
dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Pada Pertemuan siklus I sebanyak 1 atau
9% peserta didik dalam kategori Belum Berkembang, 5 atau 45,5% kategori Mulai
Berkembang, 5 atau 45,5% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, dan 0%
dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Pada Pertemuan siklus II sebanyak 0%
dalam kategori Belum Berkembang, 1 atau 9,1% kategori Mulai Berkembang, 3
atau27,7% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan, dan 7 peserta didik atau
63,6% dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Peningkatan kemampuan baca
tulis permulaan peserta didik menunjukan hasil belajar yang baik atau sebesar
63,6% yaitu 7 dari 11 peserta didik. Perubahan perilaku belajar setelah
melaksanakan kegiatan baca tulis permulaan dengan menggunakan media
playdough disimpulkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta
didik pada aspek berbahasa seperti menulis nama panggilannya, sehingga tidak
diperlukan siklus III.
Guru diharapkan selalu meningkatkan kemampuan dalam mengajar, membuat
inovasi dan kreativitas untuk peserta didik sehingga kemampuan peserta didik tetap
bisa berkembang dengan baik. Serta Pembelajaran baca tulis permulaan dengan
menggunakan media playdough dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan
kemampuan berbahasa pada peserta didik di TK Dharma Wanita II Tlogotirto
Grobogan.
002/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain