Text
Skripsi : PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MELIPAT KERTAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUDI LUHUR BANJAREJO GUNTUR DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Aprilina,Dian,2022.“Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Dengan Mengunakan
Media Melipat Kertas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Budi Luhur
Banjarejo Guntur Demak Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi. PG PAUD.
Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
Kata Kunci : keterampilan motorik halus, media melipat.
Keterampilan motorik halus anak Kelompok B di TK Budi Luhur Banjarejo
Guntur Demak belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dan sampel
penelitian adalah 15 anak Kelompok B. Objek penelitian ini adalah keterampilan
motorik halus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Alat
yang digunakan adalah lembar instrumen observasi. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75% dari 15
anak memiliki keterampilan motorik halus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
Siklus.
Hasil penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak Kelompok B pada
tahap Pratindakan sebanyak 5,9%, pada Siklus I sebanyak 23,5%, dan pada Siklus II
sebanyak 76,4%. Perolehan persentase pada Siklus II membuktikkan bahwa penelitian
ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu keterampilan motorik halus anak
mengalami peningkatan ≥75%. Langkah-langkah penelitian yang dapat meningkatkan
keterampilan motorik halus dilakukan dengan kegiatan melipat kertas, dengan
menggunakan media kertas yang ukurannya cukup besar, dan dilengkapi gambar
langkah pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
menggunakan media melipat kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus
pada Kelompok B di TK Budi Luhur Banjarejo Guntur Demak.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sebagai bahan rekomendasi dengan
mempertimbangkan hasil temuan dilapangan maupun secara teoritis,beberapa hal yang
dapat menjadi bahan rekomendasi adalah sebagai berikut.
1) Bagi kepala sekolah hendaknya memfasilitasi proses belajar mengajar dengan
melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
2) Bagi semua guru, sudah seharusnya meningkatkan kompetensi serta membekali diri
dengan pengetahuan luas, karena sesungguhnya kompetensi guru sangat
mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar yang pada akhirnya akan
menghasilkan anak yang berprestasi, berakhlakul karimah, dan berbudi pekerti luhur.
Sehingga berdampak positif pada perkembangan dan kemajuan sekolah.
3) Bagi lemabaga TK, tenaga pendidik dengan lingkungan masyarakat secara intensif
dan berkesinambungan dalam rangka mengupayakan peningkatan kualitas
pembelajaran, sehingga akan meningkatkan pula prestasi dan kualitas sekolah.
005/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain