Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAKUSIA DINI DI TK ISLAM PERMATA GAJAH MUNGKUR SEMARANG TAHUN 2021-2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Khotijah , 2022 “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah
Dengan Menggunakan Kartu Bergambar Pada Anak Usia Dini Di
TK Islam Permata Semarang 2021- 2022” Pendidikan Guru PAUD ,
Sarjan Universitas Ivet Semarang
Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, media kata bergambar, anak
kelompok B1
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca huruf
hijaiyah permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak Kelompok
B1 TK Islam Permata Gajah mungkur Semarang Tahun Ajaran 2022. Hal ini
dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca huruf
hijaiyah.
Dalam mengajarkan membaca anak dikenalkan dengan kata yang
kemudian diuraikan menjadi huruf, agar anak menjadi lebih faham hubungan
antara huruf dalam sebuah kata. Dalam menyampaikan materi pembelajaran
dengan cara bermain yang membuat siswa merasa senang sehingga siswa
mudah mengingatnya.Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif
menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan
dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni 14 anak di Kelompok B1 yang
terdiri dari 7 anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Objek penelitian yakni
kemampuan membaca huruf hijaiyah permulaan. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian
yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check
list, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan huruf
hijaiyah , dapat membedakan lafadz huruf hijaiyah yang hampir sama
tulisannya., dan indikator membaca huruf hijaiyah. Teknik analisis data
dilakukan melalui deskriptif kuantitatif.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase
masing-masing indikator kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak
telah mencapai ≥80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan
bahwa media kartu bergambar huruf hijaiyah dapat meningkatkan
kemampuan membaca huruf hijaiyah permulaan. Pada tahap Pratindakan
persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai presentase 56 %, pada
pelaksanaan Siklus I presentase yang dicapai sebesar 64,9 %, dan pencapaian
kemampuan membaca permulaan pada Siklus II sebesar 81,6 %. Peningkatan
dari Pratindakan ke Siklus I sebesar 8,9 %, dan peningkatan dari Siklus I ke
Siklus II sebesar 16,7 % dalam kategori berkembang sesuai harapan.
Perubahann prilaku anak mengalami peningkatan. Anak menunjukkan
Sikap tertarik saat proses pembelajaran sehingga anak menjadi lebih
menyukai pembelajaran membaca huruf hijaiyah dan menjadi lebih fokus
dalam pembelajaran dan akhirnya siswa mampu menyebutkan huruf hijaiyah
dengan lancar dan benar.
006/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain