Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA DAUN JAMBU PADA KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI RA AL-KAUTSAR MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2022-2023 - CD Skripsi
ABSTRAK
Atik Wahidatul Hasanah, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak
Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Daun Jambu Pada Kelompok A Usia
4-5 Tahun Di RA Al-Kautsar Mranggen Demak Tahun Ajaran 20022-2023.
Semarang PP-PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang.
2022. 62 Halaman.
Tujuan penelitian yaitu untuk 1) Bagaimana kegiatan membuat kolase DAUN
JAMBU dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Al-Kautsar?
2) Bagaiman kemampuan guru dalam penerapan membuat kolase dari DAUN
JAMBU di RA Al-Kautsar? Penelitian ini menggunakan kegiatan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. setiap siklus di lakukan 3 dan 2 kali
pembelajaran.
Fokus penelitian yaitu kemampuan motorik halus yang terdiri dari beberapa
indikator yaitu indikator Merangkai bahan kolase, memberikan lem dan indikator
merekatkan bahan kolase. Kegiatan pengumpulan data di lakukan dengan teknik
dokumentasi dan observasi dengan instrument berupa lembar pengamatan
kemampuan motorik halus pada anak serta kemampuan kinerja guru.
Kesimpulan dari peneliti ini adalah 1) kegiatan membuat kolase dari DAUN
JAMBU dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di Ra
AL-Kautsar Mranggen Demak. Indikator dari hasil Merangkai mengalami
peningkatan yaitu 41,25% menjadi 82,50%, indikator memberikan lem juga
meningkat dari 40,00% menjadi 73,75%, adapun indikatot merekatkan bahan
kolase meningkat dari 41,25% menjadi 85%. 2) Kemampuan guru dalam
membuat kolase dari DAUN JAMBU di kelompok A RA Al-Kautsar Mranggen
Demak berjalan meningkat siklus demi siklus. guru melakukan perbaikan
pembelajaran sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh observer.
Berdasarkan hasil pengamatan kinerja guru di peroleh data bahwa kinerja guru
meningkat dari 22% Menjadi 89%.
Kata Kunci: Kemampuan motorik halus, anak usia dini, dan kolase
009/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain