Text
Skripsi : UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK KELOMPOK B DI TK KARTIKA III-20 KOTA SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Fatimah NPM. 2619130327. Upaya Mengembangkan Kecerdasan
Kinestetik Anak Menggunakan Metode Permainan Tradisional Engklek
Kelompok B di TK Kartika III-20 Kota Semarang. PG-PAUD. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang. 2022. 60 halaman.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk membuktikan Tujuan dalam
penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan
permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak
kelompok B TK Kartika III-20, (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas anak
dalam penerapan permainan tradisional engklek untuk meningkatkan kecerdasan
kinestetik anak kelompok B TK Kartika III-20 (3) Untuk mendeskripsikan
peningkatan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Kartika III-20 setelah
penerapan permainan tradisional engklek
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dimulai dari pra siklus, siklus I dan
siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah TK Kartika III-20 Kota Semarang yang berjumlah 12
anak. Data penelitian diperoleh melalui observasi, demonstrasi, dan
dokumentasi.
Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian adalah
bahwa kecerdasan kinestetik anak dengan metode bermain engklek dari
hasil observasi ini ditunjukkan dari pencapaian indikator keberhasilan
yaitu secara klasikal kemampuan bermain engklek pada siklus I nilai
rata-rata sebesar 855 dengan rata-rata 71,25 dalam ketegori mulai berkembang.
Pada siklus II 12 siswa mencapai nilai 957 dengan rata-rata 79,75dalam
kategori berkembang sesuai harapan..
Kata kunci: kecerdasan kinestetik, bermain, engklek
011/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain