Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYAMAKAN BENTUK DAN WARNA MELALUI PERMAINAN UMPUZ KELOMPOK B DI TK ISLAM TERPADU PERMATA HATI NGALIYAN SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Fauziyah (2022). Peningkatan Kemampuan Menyamakan Bentuk dan Warna
Melalui Permainan Umpuz Kelompok B Di TK Islam Terpadu Permata Hati
Ngaliyan Semarang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas
Ivet. 139 halaman.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan
menyamakan bentuk dan warna pada anak kelompok B4 di TK Islam terpadu
Permata Hati. Dari 16 siswa kelompok B4 terdapat anak yang kemampuan
menyamakan bentuk dan warna masih terletak pada kategori MB (Mulai
Berkembang) sebanyak 13 anak atau sebesar 81,2%. Hal itu disebabkan karena
kegiatan yang diciptakan guru kurang menarik dan media yang digunakan kurang
bervariasi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan
menyamakan bentuk dan warna pada anak kelompok B4 di TK Islam Terpadu
Permata Hati melalui permainan Umpuz (Umbul Puzzle Geometri). Adapun halhal yang diamati adalah: 1) Menilai kinerja guru, 2) Mengetahui keaktifan anak, 3)
Mengetahui apakah permainan umpuz dapat meningkatkan kemampuan
menyamakan bentuk dan warna.
Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas),
prosedur yang digunakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus 1 dilaksanakan pada
tanggal 9-10 Juni 2022 dan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 15-16 Juni 2022.
Subjek penelitian sebanyak 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak
perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yaitu: 1)
Peningkatan kinerja guru. Berdasarkan hasil tindakan siklus 1 dan siklus 2 terjadi
peningkatan yaitu peningkatan perencanaan dari 76,6% menjadi 96,6%,
peningkatan pelaksanaan dari 77,7% menjadi 91,6%, peningkatan pengamatan dari
58,3% menjadi 83,3% dan peningkatan hasil refleksi dari 50% menjadi 83,3%. Hal
tersebut menunjukkan peningkatan kinerja guru dari siklus 1 dan siklus 2. 2)
Peningkatan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil tindakan terjadi
peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Keaktifan anak meningkat ketika melakukan
pembelajaran menyamakan bentuk dan warna melalui permainan umpuz. 3)
Peningkatan kemampuan menyamakan bentuk dan warna dilihat dari hasil
persentase kemampuan menyamakan bentuk dan warna dari kategori MB pada pra
siklus sebanyak 13 anak menurun menjadi 4 anak pada siklus I, dan turun lagi
pada siklus II sehingga tidak ada anak yang memperoleh kategori MB. Hal
tersebut disebabkan terjadinya peningkatan hasil dari kategori BSB yang semula
prasiklus belum mencapai hasil atau sebesar 0% meningkat menjadi 4 anak (25%)
pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 14 anak (87,5%) pada siklus II. Hal ini
membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu
terjadi peningkatan lebih dari 75%.
Kata kunci: Kemampuan menyamakan bentuk dan warna, permainan puzzle
geometri
012/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain