Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN TANGGA SIAPA BENAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA IV DIMORO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Uswatun Hasanah (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang
Bilangan Melalui Permainan Tangga Siapa Benar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di
TK Dharma Wanita IV Dimoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Skripsi
Progam Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas
Ivet Semarang. 93 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peningkatan kemampuan
mengenal lambang bilangan melalui permainan Tangga Siapa Benar pada anak
usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita IV Dimoro. (2) Mengetahui perubahan
perilaku apa yang tampak pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan tangga
siapa benar dalam meningkatkankemampuan mengenal lambang bilangan di TK
Dharma Wanita IV Dimoro. (3) Mengetahui seberapa besar peningkatan
kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun melalui
permainan Tangga Siapa Benar di TK Dharma Wanita IV Dimoro.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa usia 4-5 tahun TK
Dharma Wanita IV Dimoro yang berjumlah 12 anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keberhasilan
Pada Pra Siklus 25%, Siklus I diperoleh hasil 50% dan Siklus II diperoleh hasil
91,67%, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil.
Keaktifan anak juga menunjukan peningkatan pada siklus I diproleh nilai cukup
dan pada siklus 2 diperoleh nilai baik, yang berarti terdapat peningkatan
keaktifan anak setelah mengikuti kegiatan permainan tangga siapa benar.
Didukung oleh kinerja guru yang menunjukan adanya peningkatan dari siklus I
diperoleh nilai 55,29 % dan pada siklus II diperoleh nilai 80 %. Berdasarkan
Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan tangga siapa dapat
dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal lambang
bilangan anak.
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak, Permainan dan
Tangga Siapa Benar
013/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain