Text
Skripsi : PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANYUMAS - CD Skripsi
ABSTRAK
Elita Wahyuning Tyas, 2220120005, “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 3 Banyumas Tahun
Pelajaran 2021/2022”, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, 2022, 56 halaman.
Latar belakang penelitian: layanan bimbingan kelompok diberikan kepada
siswa karena para siswa memiliki masalah yang sama atau hampir sama. Salah satu
dari sekian masalah pada proses pebelajaran tersebut adalah kurangnya kedisiplinan
dalam belajar. Diharapkan melalui layanan bimingan kelompok oleh guru BK dapat
meningkatkan kedisiplinan belajar yang berujung pada hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian: 1) mendeskripsikan pelaksanaan Bimbingan Kelompok
oleh guru BK di SMP Negeri 3 Banyumas; 2) mendeskripsikan kedisiplinan
belajar SMP Negeri 3 Banyumas; dan 3) menganalisis dan membuktikan besarnya
pengaruh pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok oleh guru BK terhadap
kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 3 Banyumas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah model kuantitatif, sebab data yang
diperoleh di lapangan didasarkan pada sebaran angket dari 99 siswa. Populasi
penelitian dikenakan kepada siswa kelas VIII yang berjumlah 288 anak, dengan
sampel 99 anak. Teknik pengambilan sampel digunakan nomogram Harry King,
sedangkan teknik pengumpulan data digunakan dokumentasi dan angket, Adapun
Teknik analisis data digunakan model analisis regresi linier dengan bantuan
program SPSS.
Simpulan penelitian adalah: 1) pelaksanaan Bimbingan Kelompok oleh guru
BK di SMP Negeri 3 Banyumas termasuk kriteria sangat tinggi, hal ini didukung
perolehan skor 51 atau 51,52% dari 99 siswa sebagai responden; 2) kedisiplinan
belajar SMP Negeri 3 Banyumas termasuk tinggi, hal ini didukung perolehan skor
59 atau 59,59% dari 99 siswa sebagai responden; dan 3) pelaksanaan layanan
Bimbingan Kelompok oleh guru BK memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 3 Banyumas 0,469 atau 46,9%
dengan signifikansi 0,002 < 0,05.
Kata kunci: bimbingan kelompok, kedisiplinan belajar.
012/BK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain