Text
Skripsi : EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM FOCUSED COPING DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI TINGKAT STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS X DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Diyas Farikhatus Sholikhah (2022) “Efektivitas Strategi Problem Focused Coping
Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Tingkat Stres Akademik
Pada Siwa Kelas X Di SMK Teuku Umar Semarang”. Skripsi. Bimbingan dan
Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. 55 Halaman.
Stres Akademik merupakan stres yang berhubungan dengan aspek pembelajaran,
khususnya pengalaman belajar. Berdasakan hasil wawancara yang guru BK di SMK
Teuku Umar terdapat beberapa siswa yang mengeluh stres dengan adanya tuntutan
belajar yang ada. Salah satu layanan BK yaitu Konseling kelompok menggunakan
strategi problem focused coping untuk mengurangi tingkat stres yang dirasakan
siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan strategi
problem focused coping dalam layanan konseling kelompok untuk mengurangi
tingkat stres akademik pada siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yaitu dengan
menggunakan pretest-posttest contol group design. Popuasi berjumlah 34. Dalam
menentukan teknik penelitian ini digunakan teknik simple random sampling. Pada
penelitian ini peneliti mengambil sampel 20 siswa dari kelas X TKRO. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t-test.
Hasil penelitian ini yaitu strategi Problem focused coping dalam bimbingan
kelompok efektif untuk mengurangi tingkat stres siswa SMK Teuku Umar. Terbukti
pada pair 1 nilai post-test pada kelompok eksperimen sebesar 76,30 Sedangkan
pada pair 2 kelompok kontrol memiliki nilai post-test lebih rendah yaitu sebesar
65,00.
Kata Kunci: strategi problem focused coping, bimbingan kelompok, stres
akademik.
014/BK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Bimbingan Konseling) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain