Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 2 KAPUNG KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Joestitia (2022) Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui
Permainan Konstruktif Di Kelompok B TK Dharma Wanita 2 Kapung
Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Skripsi PG PAUD Fakultas
keguruan dan ilmu Pendidikan, 73 halaman.
Menurut UU Nomor.20 tahun 2003 Bab I Pasal I Ayat 14 tentang
Sisdiknas bahwa pendidikan usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang
ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui
pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan rohani dan jasmani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan lebih lanjut pendidikan. Pendidikan usia dini tidak terlepas dari
permainan dan alat main. Salah satu aspek yang dikembangan pada pendidikan
anak usia dini adalah aspek sosial emosional. Seorang anak harus memiliki
kemampuan sosial emosional yang baik untuk dapat bergaul dengan baik di
lingkungannya. Seorang anak yang pandai bergaul dan suka berkomunikasi akan
lebih diterima oleh teman atau lingkungannya. Salah satu kemampuan sosial yang
harus dikembangkang yaitu kemampuan Kerjasama, kemampuan kerjasama
memiliki peran penting dalam kehidupan karena manusia tidak akan bisa lepas
dari interaksi dan selalu membutuhkan pertolongan dari orang lain
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menanamkan sikap kerjasama yang baik
pada anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 2 Kapung (2)
Meningkatkan kemampuan kerjasama anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak
Dharma Wanita 2 Kapung melalui kegiatan permainan konstruktif. (3)
Meningkatkan efektivitas permainan konstruktif untuk meningkatkan kemampuan
Kerjasama anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 2 Kapung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom
Action Research) yang dilakukan dengan cara kolaborasi antara pendidik dan
peneliti dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus
yang dirancang oleh peneliti.Populasi pada penelitian ini adalah anak kelompok B
Tk Dharma Wanita 2 Kapung dengan sample sebanyak 10 anak. Data diperoleh
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam PTK
dilakukan dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan kerjasama anak yang
meliputi indikator keadilan, saling membantu, tanggungjawab dan saling
menghargai. Data pra tindakan bahwa hanya 4 (empat) anak yang mendapat
kategori baik. Pra siklus anak rata-rata mencapai 35% (kurang). Kemudian setelah
siklus 1 meningkat menjadi 60% (cukup). Selanjutnya setelah Tindakan siklus II
meningkat kembali menjadi 90% (Baik) yang mendapatkan kategori baik.
kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa dengan melakukan
permainan konstruktif dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak
Kata kunci : permainan konstruktif, kemampuan kerjasama
015/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain