Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK A DI RA AN-NUR GABUS KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Sucilowati 2619130277 “Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Permulaan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Kelompok A di RA ANNUR Gabus Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan” Skripsi Program
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini,
Universitas IVET Semarang.
Adanya kesenjangan antara kemampuan berhitung permulaan yang
diharapkan dengan realita, menjadikan kewajiban guru untuk melakukan inovasi
pembelajaran. Anak usia dini merupakan usia dimana anak mengalami masa yang
disebut masa bermain. Anak usia dini sangat pekadalam menerima rangsangan dari
lingkungan untuk perkembangan jasmani dan rohani. Kemampuan berhitung
permulaan dapat ditingkatkan salah satunya melalui permainan ular tangga. Ketika
anak berhitung permulaan melalui permaianan ular tangga, maka diharapakan anak
mampu mengenal angka, mampu membedakan angka 6 dan 9 serta dapat
mengurutkan angka.
Tujuan dalam Penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan berhitung
permulaan pada anak Kelompok Adi RA AN-NUR Gabus Kecamatan Gabus
Kabupaten Grobogan.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek
penelitian di Kelompok ARA AN-NUR GabusTahun Pelajaran 2021/2022 yang
berjumlah 15 anak dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan
pertemuan 2 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar
observasi dan dokumentasi foto dengan menggunakan teknik analisis deskritif
kualitatif. Melalui permainan ular tangga pada kelompok A di RA AN-NUR
Gabusmengalami peningkatan dalam setiap indikatornya, sehingga melalui
permainan ular tanggadapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak, yaitu
pada siklus I pada indikator membilang benda 1-10 sebesar 40%, sedangkan pada
indikator mengurutkan bilangan 1-10 sebesar 33% dan pada indikator
menunjukkan bilangan 1-10 sebesar 33%. siklus II pada indikator membilang
benda 1-10 sebanyak 87% sedangkan pada indikator mengurutkan bilangan 1-10
sebesar 93% dan padaindikator menunjukkanbilangan1-10sebesar 93%. Sekolah
akan menfasilitasi guru untuk mengembangkan pembelajaran dengan
menggunakan permainan ular tangga.
Stimulasi yang diberikan anak-anak untuk meningkatkan kemampuan berhitung
anak melalui permainan ular tangga sudah lebih baik dari sebelumnya.
Pembelajaran yang dilakukan dalam meningkatkan berhitung anak menggunakan
permainan ular tangga lebih bervariatif dan inovatif. Sehingga terbukti bahwa
menggunakan permainan ulartanggadapat meningkatkan kemampuan berhitung
pada anak di Kelompok A AN-NUR Gabus Kecamatan Gabus Kabupaten
Grobogan.
Kata Kunci : meningkatkan, kemampuan, berhitung, permaianan, ulartangga
016/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain