Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGINGAT URUTAN ANGKA 13-20 MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA 2 TEMUREJO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Faizun Nikmah, NIM B2618110042, 2022 “Peningkatan Kemampuan
Mengingat Urutan Angka 13-20 Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-6
Tahun Di TK Dharma Wanita 2 Temurejo Kecamatan Karangrayung Kabupaten
Grobogan”. Skripsi progam studi Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas
Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Ivet Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan
peningkatan kemampuan mengingat urutan angka pada anak di TK Dharma
Wanita 2 Temurejo melalui metode bernyanyi. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan
masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Sumber data adalah siswa TK Dharma Wanita 2 Temurejo, Kecamatan
Karangrayung, Kabupaten Grobogan melalui kegiatan pembelajaran yang lebih
menarik seperti mengingat urutan angka dan mengenal urutan angka melalui
metode bernyanyi.
Dengan metode pengumpulan data yaitu Observasi dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keberhasilan Pada
Pra Siklus 23,6%, Siklus I diperoleh hasil 41,2% peningkatan kemampuan
mengingat urutan angka dan pada Siklus II diperoleh hasil 88,2% peningkatan
kemampuan berhitung permulaan, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa
penelitian ini berhasil karena melebihi target indikator penelitian sebesar 80%.
Berdasarkan Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode bernyanyi sebagai
metode belajar dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan
mengingat urutan angka pada anak.
Kata ku
019/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain