Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN MENGURUTKAN TINGGI BENDA MELALUI MEDIA TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI GINGGANGTANI KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Hima Romantin Aulia, NPM. B2618110055, Peningkatan Kemampuan
Kognitif Dengan Mengurutkan Tinggi Benda Melalui Media Tutup Botol
Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Ginggangtani Kecamatan Gubug
Kabupaten Grobogan, Semarang Jurusan PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan
Dan Keguruan, Universitas Ivet Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan bermain
mengurutkan tinggi benda melalui media tutup botol dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Tindakan
Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik TK Pertiwi I Ginggangtani
Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan jumlah peserta didik 20 anak
terdiri dari 9 anak laki-laki 11 anak perempuan.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, dokumentasi, dan
metode literasi. Teknik analisis dan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Penerapan penelitian ini dibuktikan dengan hasil prosentase rata-rata meningkat
menjadi 68% dari hasil sebelumnya prasiklus yang hanya mencapai 52%, dengan
pencapaian prosentase ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 16%.
Selanjutnya dilaknsanakan kembali kegiatan perbaikan pembelajaran pada
siklus 2, diperoleh hasil prosentase rata-rata hasil evaluasi belajar anak semakin
meningkat menjadi 88% dari siklus I yang hanya mencapai 68%, dengan
pencapaian prosentase ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 20%.
Kemampuan kognitif dari hasil evaluasi anak pada prasiklus yang hanya mencapai
52% menjadi 68% pada siklus I dan 88% pada siklus 2.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, mengurutkan tinggi benda, media
tutup botol
020/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain