Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA POHON ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUL HUDA DIMORO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Maria Nur Laila (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam
Mengenal Angka Melalui Media Pohon Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di
Raudhatul Athfal Miftahul Huda Dimoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.
Skripsi Progam Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan,
Universitas Ivet Semarang. 121 halaman.
Tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan kognitif anak
dalam mengenal angka melalui permainan pohon angka pada anak usia 4-5 tahun
di RA Miftahul Huda Dimoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, untuk
mengetahui perubahan perilaku apa yang tampak pada anak melalui media pohon
angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka di RA Miftahul
Huda Dimoro dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan
kognitif mengenal angka melalui media pohon angka pada anak usia 4-5 tahun di
RA Miftahul Huda Dimoro.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek
penelitian adalah siswa kelompok A RA Miftahul Huda yang beralamatkan di
Desa Dimoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, mulai pembelajaran pukul
07.00 WIB dan berakhir pukul 10.30 WIB dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing – masing
tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar
pengamatan, dokumentasi. Metodeanalisis data yang digunakan analisis deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara
kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai guru dan
teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon angka dapat
meningkatkan kognitif anak dalam mengenal angka pada siswa RA Miftahul
Huda kelompok A data Tahun Pelajaran 2021/2022 Desa Dimoro Kecamatan
Toroh Kabupaten Grobogan. Hal ini dapat dari pra siklus sebanyak 23,81%,
meningkat di siklus I sebesar 47,62%, meningkat lagi pada siklus II mencapai
80,95% dan telah melampaui indikator keberhasilan sebesar 80%. Perubahan
perilaku anak terlihat adanya peningkatan keaktifan pada siklus I yaitu sebesar
63,49% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,53%. Didukung oleh kinerja guru
sebesar 66,66% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 80%.
Diperoleh dari selisih nilai kemampuan kognitif mengenal angka pada pra siklus
dan siklus II yaitu sebesar 57,14%.
Kata kunci : Media Pohon Angka, Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka
021/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain