Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA KELUARGA KELINCI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PARAKAN KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Puput Ika Utami, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan kemampuan berbicara pada
anak usia dini di TK Dharma Wanita Parakan Kecamatan Karangrayung
Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan
anak dalam berbahasa dan menyelesaikan suatu masalah di TK Dharma Wanita
Parakan. Latar belakang penelitian ini ialah dikarenakan kemampuan berbicara di
TK Dharma Wanita Parakan masih rendah.
Pendekatan yang ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan
kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 Anak didik di TK Dharma
Wanita Parakan dengan metode belajar tatap muka. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, atau diskusi, dan dokumentasi. Dimana disetiap
Siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita keluarga kelinci
dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak dapat dilihat dari Prasiklus
yang hanya mencapai keberhasilan 10 % atau 2 anak yang mendapat kategori
Berkembang Sangat Baik dan berkembang sesuai harapan. Setelah mengadakan
siklus I peningkatan kemampuan berbicara mencapai 45 % atau 9 anak dan
setelah dilaksanakan siklus II mencapai 90 % atau 18 anak mendapat kategaori
Berkembang Sangat Baik dan berkembang sesuai harapan. Dilihat dari grafik
peningkatan kemampuan berbicara anak dari siklus I dan siklus II dapat
disimpulkan bahwa kemampuan berbicara melalui metode bercerita keluarga
kelinci mengalami perkembangan 90 %.
Kata kunci : berbicara, bercerita
022/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain