Text
Skripsi : PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB MUTIARA KENCANA KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Dwi Meiningsih (2022). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Melalui
Kegiatan Menggambar Dengan Berbagai Media Pada Anak Usia 3-4
Tahun Di KB Mutiara Kencana Kecamatan Karangrayung Kabupaten
Grobogan”. Skripsi. PG PAUD. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Ivet.
Kecerdasan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seseorang,
untuk itu perlu dikembangkan sejak sedini mungkin agar perkembangannya
optimal. Berbagai macam kecerdasan dapat tercapai dengan optimal apabila
diberikan stimulasi yang sesuai dengan tahapan perkembangannya. Kecerdasan
visual spasial merupakan salah satu kecerdasan yang harus distimulasi sejak
dini. Dengan kemampuan visual ini anak mampu untuk mengenali identitas
berbagai objek, meskipun objek itu ditempatkan ditempat yang berbeda,
kemampuan untuk membayangkan pergerakan suatu benda secara mental dari
sebuah susunan bangunan. Dengan berkembangnya kecerdasan visual spasial
ini anak diharapkan mampu dengan mudah menangkap gradasi warna,
kepekaan terhadap bentuk yang mirip dan berbeda, kesenangan membuat
bangunaan dari mainan, keakuratan mengenal arah, membuat bentuk dengan
gambar dan jiplakan dan ruangan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya peningkatan
kecerdasan visual spasial melalui kegiatan menggambar dengan berbagai
media pada anak usia 3-4 tahun di KB Mutiara Kencana. (2) Mengetahui
perilaku yang tampak melalui kegiatan menggambar dengan berbagai media
pada anak usia 3-4 tahun di KB Mutiara Kencana. (3) Mengetahui seberapa
besar peningkatan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan menggambar
dengan berbagai media pada anak usia 3-4 tahun di KB Mutiara Kencana.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang
digunakan sejumlah 10 anak. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa menggambar
dengan berbagai media mampu meningkatkan kecerdasan visual spasial anak
pada siswa KB Mutiara Kencana secara bertahap. Kemampuan yang berada
pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), pada saat pra siklus sebesar 10
% dan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 20%, pertemuan 2 sebesar 40 % pada
Siklus II pertemuan 1 sebesar 70 % dan pertemuan 2 sebesar 90 %.
Kata kunci : Kecerdasan, Visual Spasial, Menggambar
023/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain