Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA III MANGIN KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Umi Khoriyah, NPM B2618110036, 2022 “Meningkatkan Kemampuan
Mengenal angka melalui permainan ular tangga pada kelompok B TK Dharma
Wanita III Mangin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan”. Skripsi
progam studi Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan dan
Keguruan, Universitas Ivet Semarang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendiskripsikan peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak di TK Dharma
Wanita III Mangin melalui permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan
masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Sumber data adalah siswa TK Dharma Wanita III Mangin, Kecamatan Karangrayung,
Kabupaten Grobogan melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti
mengenal angka dan berhitung melalui permainan ular tangga. Dengan metode
pengumpulan data yaitu Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya peningkatan keberhasilan Pada Pra Siklus 47,62% belum
berkembang,28,57% mulai berkembang,19,05% berkembang sesuai harapan,4,76%
berkembang sangat baik. Pada siklus I tingkat perkembangan berhitung permulaan
anak 23,81% belum berkembang,28,57% mulai berkembang,23,81% berkembang
sangat baik. Pada siklus II tingkat perkembangan berhitung permulaan anak 0 belum
berkembang,19,05% mulai berkembang,47,61% berkembang sesuai harapan,33,34%
berkembang sangat baik. Berdasarkan Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
kegiatan permainan ular tangga sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil
dalam rangka meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Kata kunci: Kemampuan Berhitung Anak, Permainan Ular Tangga
024/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain