Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RABA PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI KB SIWILESTARI KARANGWADER KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
ASIH SUSILOWATI, NPM. B2618110040. “Peningkatan Kemampuan
Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Media Papan Raba pada Anak Usia
4 - 5 Tahun di KB Siwilestari Karangwader Kecamatan Penawangan Kabupaten
Grobogan”. S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Ivet Semarang. 76 Halaman.
Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada yaitu
untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 menggunakan
media papan raba dan mengetahui perilaku pada anak melalui media papan raba
dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 serta
mendiskripsikan peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10
menggunakan media papan raba pada anak usia 4 - 5 tahun di KB Siwilestari
Karangwader Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti
dengan menggunakan 2 siklus. Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang
dirancang peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah anak KB Siwilestari
Karangwader Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan yang berjumlah 20
anak. Peneliti dibantu mitra guru sebagai kolabolator. Data diperoleh dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan
dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan
persentase dan dihitung jumlah skor masing-masing dan didistribusikan ke dalam
rentang nilai.
Penerapan melalui media papan raba dapat kemampuan mengenal lambang
bilangan 1-10 dibuktikan dengan hasil prosentase rata-rata meningkat menjadi
68% dari hasil sebelum pra siklus yang hanya mencapai 52%, dengan pencapaian
prosentase ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 16%. Selanjutnya
dilaksanakan kembali kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus 2, diperoleh
hasil prosentase rata-rata hasil evaluasi belajar anak semakin meningkat menjadi
88% dari siklus I yang hanya mencapai 68%, dengan pencapaian prosentase
ketuntasan klasikal semakin meningkat menjadi 20%.
Terdapat perubahan perilaku pada anak melalui papan raba dalam
meningkatkan lambang bilangan terlihat dari meningkatkan keaktifan anak dari
75% siklus 1 menjadi 85% siklus 2. Didukung oleh kinerja guru yang meningkat
pada siklus 1 diperoleh nilai 88% meningkat pada siklus 2 menjadi 96%. Dengan
demikian dapat diketahui sejauh mana peningkatan kemampuan mengenal
lambang bilangan 1-10 pada anak yang telah dicapai setelah distimulasi dengan
media papan raba.
Kata kunci : Kemampuan mengenal lambing bilangan 1-10, pembelajaran
media papan raba .
026/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain