Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ’AMMA ANAK MELALUI METODE DEPAN SEMUD DI KELOMPOK B1 TKIT MANBAUTH THOYYIBAH SEMPUREJO KECAMATAN MONDOKAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
ISWANTI, (2022), “Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz’amma Anak
Melalui Metode Depan Semud Di Kelompok B1 TKIT Manbauth Thoyyibah
Sempurejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran
2021/2022” Skripsi. PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Ivet Semarang Tahun 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK, dengan
menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 20 anak
kelompok B1 TKIT Manbauth Thoyyibah yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan
10 anak perempuan. Target keberhasilan penelitian ini apabila presentase
menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan kemampuan menghafal
Juz’amma melalui metode Depan Semud.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal Juz’amma
melalui metode Depan Semud mengalami peningkatan. Meningkatnya
kemampuan menghafal Juz’amma anak dapat dilihat dari hasil observasi pra
tindakan rata-rata kelas yang diperoleh adalah 50,93%. sedangkan pada siklus I
mencapai 64,53% maka perkembangan anak meningkat sebesar 13,60% dan pada
siklus II perkembangan telah mencapai target yaitu sebesar 84,68%. Jadi dari
siklus I menuju siklus II kemampuan menghafal Juz’amma anak mengalami
peningkatan sebesar 20,152%. sedangkan dari pratindakan menuju siklus II
mengalami peningkatan besar 33,75%.
Kata Kunci: Menghafal Juz’amma, Depan Semud, anak Kelompok B1.
028/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain