Text
Skripsi : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI KELOMPOK B TK NUSANTARA 1 BRABO KECAMATAN TANGGUNGHARJO KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
SRI WAHYUNI (2022), Upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka
simbol untuk anak melalui permainan kartu angka di kelompok B TK Nusantara 1
Brabo, Kecamatan Tanggung, Kabupaten Grobogan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui
kegiatan bermain kartu angka untuk anak kelompok B di TK Nusantara 01 Brabo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Itu
Subyek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B di TK Nusantara 01 Brabo
Brabo yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui
observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
(daftar periksa). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif,
secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika
perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan dalam mengenali
simbol angka.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bilangan
simbol setelah belajar melalui kegiatan bermain kartu angka. Hasil dari
observasi pra tindakan menunjukkan tidak ada anak dengan kriteria
berkembang sangat baik atau mendapatkan persentase 81-100%. Setelah Siklus II
tindakan, kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan kriteria
berkembang sangat baik meningkat menjadi 80%. Langkah-langkah yang diambil agar mereka dapat meningkatkan
kemampuan mengenal lambang bilangan anak adalah guru menyiapkan permainan
media berupa kartu angka dan memperagakan cara memainkannya. Dengan demikian, dapat
Disimpulkan bahwa bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal
lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Nusantara 01 Brabo.
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Simbol Angka, Memainkan Kartu Angka
030/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain