Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF DAN MERANGKAI HURUF MENJADI SUATU KATA ANAK TK KELOMPOK B MELALUI MEDIA BIG BOOK DI TK TUNAS MELATI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Dewi Nurwatik, 2022. “Meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan
merangkai huruf menjadi suatu kata anak TK Kelompok B melalui Media Big
Book di TK Tunas Melati kecamatan Purwodadi kabupaten Grobogan”. Skripsi
program studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet
Semarang. Dibimbing oleh Drs. Kasidi, M.Si dan Dian Pramita, M.Hum. Skripsi
ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf dan Merangkai
Huruf Menjadi Suatu Kata Anak TK Kelompok B Melalui Media Big Book di TK
Tunas Melati Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pentingnya penerapan media Big Book dalam meningkatkan
kemampuan mengenal huruf dan merangkai huruf menjadi suatu kata pada anak di
Kelompok B TK Tunas Melati Kecamatan Purwodadi kabupaten Grobogan.
Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan anak dan guru. Selain itu juga
untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kinerja guru di sekolah. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I terdiri
dari 4 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 4 kali pertemuan.
Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B Taman Kanak-kanak
Tunas Melati Purwodadi tahun Pelajaran 2021/2022, yang berjumlah 16 anak yaitu
6 perempuan dan 10 anak laki-laki. Metode pemecahan masalah yang digunakan
adalah menerapkan pembelajaran menggunakan media Big Book pada
pembelajaran mengenal huruf dan merangkai huruf menjadi suatu kata. Data
diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara
deskriptif komunikatif, Keberhasilan penelitian ini dilaksanakan dengan anak
mendapatkan skor sejumlah 80% dari kemampuan mengenal huruf dan merangkai
huruf dengan berkata baik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil
belajar anak. Skor rata pada kondisi awal atau prasiklus sebesar 13% dari semua
jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor
observasi sebesar 40% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori
baik. Siklus II dengan skor rata-rata 85% secara keseluruhan dari sejumlah
indikator dan mencapai berkategori baik. Dengan demikian Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dikatakan berhasil sehingga penelitian merekomendasikan
pembelajaran menggunakan Media Big Book dapat meningkatkan hasil
kemampuan mengenal huruf dan merangkai huruf menjadi kata anak Kelompok B
TK Tunas Melati Purwodadi.
Kata kunci: kemampuan mengenal huruf dan merangkai huruf dan Big Book.
031/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain