Text
Skripsi : MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN MENGENAL KONSEP BESAR KECIL PADA ALAM SEKITAR DENGAN METODE PROJEK MELALUI MEDIA TUMBUHAN DI TK SATU ATAP SDN 3 SENDANGHARJO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Nurchayati (2022). ”Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dengan
Mengenal Konsep Besar Kecil Pada Alam Sekitar dengan Metode Projek
Melalui Media Tumbuhan di TK Satu Atap SDN 3 Sendangharjo Kecamatan
Karangrayung Kabupaten Grobogan”. Skripsi PG PAUD Fakultas Keguruan
Dan Ilmu Pendidikan . Universitas Ivet.
Pembelajaran kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya
pembinaan yang ditujukn kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun
yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pentingnyapenerapan
metode projek menggunakan media tumbuhan dalam meningkatkan pembelajaran
kognitif pada anak mengenal konsep besar-kecil pada alam sekitar di TK Satu Atap
SDN 3 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung. (2) Untuk mengetahui efektifitas
metode projek menggunakan media tumbuhan di TK Satu Atap SDN 3
Sendangharjo Kecamatan Karangrayung.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subyek yang
digunakan sejumlah 15 anak. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi
kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase. Berdasarkan hasil oenelitian
dan pembahasan mka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengenal konsep
besar-kecil dengan media tumbuhan mampu meningkatkan kemampuan kognitif
anak pada siswa TK Satu Atap SDN 3 Sendangharjo secara bertahap. Kemampuan
yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) yaitu sebesar 13% pada
tahap prasiklus, dan pada tahap siklus I sebesar 40% dan naik 27% dari kondisi
prasiklus , pada siklus II mencapai 85% dan ini artinya naik sebesar 45% dari
kondisi siklus I.
Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Tumbuhan
032/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain