Text
Skripsi : PENINGKATAN NILAI – NILAI KARAKTER MELALUI METODE BERCERITA PADA KB DARMA PERTIWI WADO TAHUN AJARAN 2021-2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Marfu’ah 2619130045, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul
“Peningkatan Nilai – Nilai Karakter Melalui Metode Bercerita Pada KB Darma
Pertiwi wado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten blora Tahun Ajaran
2021/2022” Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendiidkan Universitas Ivet Semarang, 2021.59 Halaman.
Tujuan dari penelitian ini adalah Menjabarkan bahwa kegiatan bercerita
dapat meningkatkan nilai – nilai karakter pada anak di KB Darma Pertiwi Desa
Wado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan
memerpakan 2 siklus, masing – masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali
pertemuan.Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok Ceria di KB Darma
Pertiwi Desa Wado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sejumlah 13 anak.
Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan
melalui observasi yaitu dengan lembar observasi, dokumentasi dan hasil karya
saat penerapan kegiatan bercerita berlangsung. Hasil analisis data pencarian faktor
menunjukkan perkembangan karakter anak dari Pra Siklus 15,39 % pada Siklus I
mecapai 53,84 % pada Siklus II mencapai 84,62 %.
Kesimpulan dengan demikian melalui metode bercerita dapat
meningkatkan perkembangan karakter Kelompok Ceria di KB Darma Pertiwi
Desa Wado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora.
Kata Kunci : Bercerita.Karakter Anak Usia Dini
036/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain