Text
Skripsi : PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN ARANG PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI ADIREJO TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Siti Nur Aisah, NPM : 2619130259. Mahasiswa PG PAUD Universitas Ivet
Semarang. Peningkatan Kreativitas Anak Melaui Kegiatan Menggambar
Dengan Menggunakan Arang Pada Kelompok A di TK Pertiwi Adirejo Tahun
Ajaran 2021/2022. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui
kegiatan menggambar dengan menggunakan arang pada kelompok A di TK
Pertiwi Adirejo Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang
merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan
yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara keseluruhan.
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok A di TK Pertiwi
Adirejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora dengan jumlah peserta didik 14
anak yang terdiri dari 2 anak laki – laki dan 12 anak perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pada penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap Pra Siklus, tahap
Siklus I, dan tahap Siklus II. Pada tahap Pra Siklus diperoleh data 4 anak yang
mampu mencapai ketuntasan dengan persentase 29%. Kemudian pada tahap
Siklus I mengalami kenaikan sebanyak 35% menjadi 64%. Kemudian pada tahap
Siklus II naik sebanyak 15% menjadi 79% yang menunjukkan hasil sudah
mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dan termasuk dalam kategori Baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat meningkat
setelah adanya tindakan melalui kegiatan menggambar dengan menggunakan
arang yang memberikan kebebasan pada anak untuk membuat hasil karya yang
sesuai dengan imajinasi peserta didik. Sehingga terbukti bahwa kegiatan
menggambar dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelompok A di TK
Pertiwi Adirejo Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Kreativitas, Menggambar, Media Arang
041/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain