Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PRACTICAL LIFE PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA CUNGKUP KUNDURAN BLORA TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
RATIH KARTIKA RINI (2022). Peningkatan kemandirian anak
melalui metode bermain practical life pada kelompok B TK Dharma
Wanita Cungkup Kunduran Blora tahun ajaran 2021/2022. Skripsi.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang. 97 halaman.
Usia Taman Kanak-kanak adalah usia yang efektif untuk
mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Salah satu yang
dikembangkan adalah kemandirian. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan kegiatan partical life dalam meningkatkan
kemandirian anak dan untuk mengetahui kemandirian anak di Kelompok
B TK Dharma Wanita Cungkup Kunduran Blora setelah diterapkan
kegiatan partical life. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing
siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Sumber data adalah siswa Kelompok B TK Dharma Wanita
Cungkup, melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik
menggunakan metode practical life yang disesuaikan dengan tema sebagai
sumber belajar terbukti mampu meningkatkan kemandirian anak, yaitu
terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat kegitan pembelajaran
berlangsung. Pada siklus I diperoleh hasil 70% dan peningkatan
kemandirian pada siklus II diperoleh hasil 90%, dengan hasil tersebut
menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena melebihi target indikator
penelitian sebesar 80%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode bermain
practical life sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil dalam
rangka meningkatkan kemandirian anak. Berdasarkan penelitian tersebut
disarankan pada semua guru dapat memberikan pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan bagi anak. Guru juga hendaknya mampu
menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan
bagi anak.
Kata Kunci: Kemandirian, Practical life, Anak Usia 5-6 Tahun
042/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain