Text
Skripsi : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA KELOMPOK B TK PERTIWI ADIREJO TUNJUNGAN BLORA TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
IDA YANTI (2022). Peningkatan kemampuan motoric kasar melalui
permainan lompat tali pada kelompok B TK Pertiwi Adirejo Tunjunngan Blora
tahun ajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ivet
Semarang. 100 halaman.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan permainan lompat tali
pada anak kelompok B TK Pertiwi Adirejo Tunjungan Blora Tahun Pelajaran
2021/2022 dan untuk mengetahui penerapan permainan lompat tali dalam
meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Pertiwi
Adirejo Tunjungan Blora Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi.
Sumber data adalah siswa Kelompok B TK Pertiwi Adirejo, melalui
kegiatan pembelajaran yang lebih menarik menggunakan metode bermain lompat
tali yang disesuaikan dengan tema sebagai sumber belajar terbukti mampu
meningkatkan kemampuan motoric kasar anak, yaitu terlihat dari lembar data
hasil pengamatan pada saat kegitan pembelajaran berlangsung. Pada siklus I
diperoleh hasil 53% dan peningkatan kemampuan motoric kasar pada siklus II
diperoleh hasil 87%, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini
berhasil karena melebihi target indikator penelitian sebesar 80%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bermain lompat tali maka
kemampuan motoric kasar anak meningkat. Dan dengan ini penelitian ini
dinyatakan berhasil meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.
Kata Kunci: Kemampuan Motorik kasar, Bermain Lompat Tali, Anak Usia 5-6
Tahun.
044/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain