Text
Skripsi : PENINGKATAN KARAKTER KEDISIPLINAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KLUWUT KEC.BULAKAMBA – KAB.BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Imroatul Azizah NPM. 2620230490. Peningkatan Karakter Kedisiplinan
Melalaui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok Usia 4-5 Tahun di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Kluwut Kec.Bulakamba Kab.Brebes. Semarang. PGPAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas IVET Semarang. Tahun 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan untuk mendeskripsikan
penelitian peningkatan karakter kedisiplinan . Hipotesis tindakan yang diajukan pada
penelitian ini yaitu “Metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat
meningkatkan karakter kedisiplinan pada anak kelompok usia 4-5 di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Kluwut .
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan mengambil lokasi di pada anak di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Adapun waktu pelaksanaan
dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2022. Subyek dalam penelitian ini
adalah pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kluwut Kecamatan
Bulakamba Kabupaten Brebes yang berjumlah 26 anak.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bercerita dengan media boneka
tangan dapat meningkatkan karakter kedisiplinan pada anak usia 4-5 tahun di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bercerita menggunakan media boneka
tangan dapat meningkatkan karakter kedisiplinan dari siklus 1 kemudian ke siklus 2.
Hasil penilaian kinerja guru sebesar 76,7% kategori sangat baik, keaktifan siswa
sebesar 85% kategori sangat baik, dan kemampuan motorik halus siswa sebesar
89,2% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : Bercerita,Media boneka tangan,Karakter kedisiplinan
046/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain