Text
Skripsi : PENINGKATAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BIJI-BIJIAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB IZZATUL ISLAM RANDUSARI-LOSARI-BREBES - CD Skripsi
ABSTRAK
Umaeroh, NPM : 2620230506. “Peningkatan Konsep Matematika
Permulaan Melalui Permainan Biji-bijian Pada Anak usia 4 - 5 tahun di KB
Izzatul Islam Randusari - Losari - Brebes”. Program Studi PG-PAUD. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. Tahun Akademik 2021/2022.
Tujuan penelitian yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses permainan biji-bijian dalam meningkatkan kemampuan
memahami konsep matematika permulaan anak usia 4 - 5 tahun di KB Izzatul
Islam Randusari - Losari – Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang
mencakup: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan
refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok A KB
Izzatul Islam Randusari - Losari – Brebes dengan jumlah murid 10 anak yang
terdiri dari 7 anak laki– laki dan 3 anak perempuan..
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil pra siklus
diperoleh hasil bahwa anak yang termasuk kategori berkembang sesuai harapan
sebanyak 3 anak atau 30%, mulai berkembang sebanyak 2 anak atau 20%, dan
yang belum berkembang sebanyak 5 anak atau 50%. Hasil pengamatan pada
siklus I menunjukkan bahwa kemampuan konsep matematika permulaan melalui
permainan biji-bijian termasuk cukup baik namun belum memenuhi indikator
penilaian, hal tersebut dapat dilihat dari banyak anak yang termasuk kategori baik
mencapai 40% yang terdiri dari kategori BSB sebanyak 2 anak atau 20% dan BSH
sebanyak 2 anak atau 20%, mulai berkembang sebanyak 4 anak atau 40%, dan
yang belum berkembang sebanyak 2 anak atau 20%. Secara klasikal, hasil
penelitian pada siklus I ini belum mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu
75%. pada siklus II anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak
9 anak atau 90% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik ada 5 anak
atau 50% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak atau 40%, dan kategori
mulai berkembang ada 1 anak atau 10%, dan kategori beelum berkembang
sebanyak 0 anak atau 0%. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa
kemampuan konsep matematika permulaan anak sudah meningkat dengan
berkembang sangat baik atau sudah melebihi indikator ketuntasan dalam
pembelajaran 75%, oleh karena itu tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran
atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata kunci : Matematika Permulaan, Permainan, Biji-bijian
048/PAUD/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PG PAUD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain