Text
Skripsi : PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS IVET SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Mila Anggraeni (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Perilaku
Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang. 68
halaman.
E-Commerce memberikan penawaran-penawaran yang menarik bagi konsumen
yaitu dengan banyaknya promo, metode pembayaran yang memudahkan
konsumen, gratis ongkir, diskon, harga barang yang lebih murah dan lain
sebagainya. Dengan adanya penawaran-penawaran yang dapat menarik konsumen
akan menjadikan masyarakat khsusnya mahasiswa lebih bersikap konsumtif.
Mahasiswa sering melakukan berbelanja melalui e-commerce terus menerus,
sehingga melakukan pembelian secara berlebihan serta sulit mengatur keuangannya
dengan baik. Perilaku konsumtif ditandai dengan pembelian impulsive atau
pembelian barang yang semata-mata hanya didasari oleh hasrat yang tiba-tiba atau
keinginan sesaat tanpa melalui pertimbangan dan perencanaan serta keputusan
dilakukan di tempat pembelian dan tidak mengetahui manfaat seta kegunaannya
dan melakukan pemborosan. Tingkat penggunaan e-commerce Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 20,7 % masuk dalam
kategori tinggi. 60,8% masuk dalam kategori sedang dan 18,5% masuk dalam
kategori rendah dengan nilai rata-rata tingkat capaian responden variabel X
(penggunaan e-commerce) sebesar 73 %. Tingkat penggunaan e-commerce
mahasiswa pendidikan ekonomi sebessar 73 % masuk dalam kategori tinggi.
Tingkat perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet
Semarang sebesar 18,5 % masuk dalam kategori tinggi. 67,4 % masuk dalam
kategori sedang dan 14,1 % masuk dalam kategori rendah. Dengan nilai rata-rata
TCR sebesar sebesar 50,7 %. Tingkat perilaku konsumtif sebesar 50,7 % masuk
dalam kategori sedang. Pengaruh penggunaan e-commerce terhadap perilaku
konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang sebesar 26,2
%. Sedangkan sisanya 73,8 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti gaya hidup, harga
diri, trend, ingin mendapat pengakuan dan lain-lain.
Kata Kunci : E-Commerce, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa
010/EKO/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain