Text
Skripsi : STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA OMAH PANG KELURAHAN NONGKOSAWIT KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Sri Dewi, STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA OMAH PANG
KELURAHAN NONGKOSAWIT KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA
SEMARANG, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Ivet Semarang, halaman. 47
Kota Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah memiliki beragam
desinasi wisata. Wisata Omah Pang merupakan salah satu destinasi wisata yang
berada di Kota Semarang khususnya di Desa Wisata Nongkosawit. Omah Pang
sebagai wisata Unggulan di desa Nongkosawit. Tujuan penelitian ini untuk (1)
Mengetahui strategi pemasaran destinasi wisata omah (2) Mengetahui analisis
SWOT terhadap strategi pemasaran destinasi wisata omah pang (3) Mengetahui
kendala dan solusi yang di hadapi destinasi wisata omah pang. Penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan
Triangulasi. Subjek penelitian ini adalah Pengelola wisata Omah Pang, Anggota
Pokdarwis Nongkosawit, Masyarakat dan Pengunjung. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh wisata omah pang
melalui media social seperti youtobe, facebook, instragram dan lain sebagainya,
akan tetapi rendahnya partisipasi masyarakat dalam perkembangan wisata belum
tercapai. Maka kesimpulannya adalah strategi pemasaran di wisata omah pang
harus mampu mengoptimalkan dukungan masyarakat sekitar maupun masyarakat
luar seperti membuat event-event budaya agar dapat di kenal luas oleh masyarakat
dan meningkatkan jumlah wisatawan.
Kata Kunci : Wisata Omah Pang, Strategi Pemasaran, Desa wisata
011/EKO/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain