Text
Skripsi : PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK LPI SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Nurul Arofatul Aini (2022). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Di SMK LPI Semarang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan
Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang. 75 Halaman.
Pada dasarnya game online digunakan sebagai media hiburan untuk merilekskan diri dan
mengusir kepenatan setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Namun pada kenyataannya,
game online ini membuat individu-individu menjadi kecanduan karena intensitas bermain
game yang tinggi. Penggunaan game online secara berlebihan tentu membawa dampak yang
negatif.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh game online terhadap
perubahan perilaku siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi
penelitian di SMK LPI Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket dan observasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan
teknik analisa yang terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji linieritas. Setelah itu data diuji menggunkan uji hipotesis meliputi uji regresi linier
sederhana dan uji koefisien determinasi, Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengaruh
game online berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa SMK LPI Semarang.
Diketahui Confidence interval sebesar 90 % atau α = 0,1 dengan persamaan regresi linier
sederhana Y = Y = 65,170 - 0, 330 X yang artinya setiap kenaikan satu variabel X (bermain
game online) maka akan diikuti oleh peningkatan nilai variabel Y (prestasi belajar) sebesar -
0,330 dengan konstanta 65,170. Dimana pengaruh bermain game online terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 13.2 %.
Kata kunci : Game online, prestasi belajar
012/EKO/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain