Text
Skripsi : MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK LPI SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022 - CD Skripsi
ABSTRAK
Linda (2022), “Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK LPI
Semarang Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas
Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 62 Halaman.
Latar belakang penelitian adalah kurangnya jumlah peserta didik yang mendaftar
di SMK LPI Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan
dan pengorganisasian manajemen penerimaan peserta didik baru, pelaksanaan
dalam penerimaan peserta didik baru, faktor kendala dan upaya yang dilakukan
dalam penerimaan peserta didik baru, dan evaluasi penerimaan peserta didik baru
di SMK LPI Semarang tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi, studi
dokumentasi dan trianggulasi keabsahan data. Subyek peneliitian adalah Ketua
Panitia PPDB, Kepala Sekolah, Sekretaris PPDB, Guru dan Siswa kelas X. Hasil
penelitian menunjukkan (1) perencanaan dan pengorganisasian manajemen
penerimaan peserta didik baru meliputi; pembentukan panitia PPDB, rapat panitia
PPDB, kebijakan PPDB, daya tampung, promosi PPDB dan menentukan sekolah
yang menjadi target promosi PPDB, dan mekanisme pendaftaran dan daftar ulang
peserta didik baru. (2) pelaksanaan dalam penerimaan peserta didik baru
dilakukan sesuai dengan perencanaan, sementara hasil PPDB menunjukkan
jumlah peserta didik yang mendaftar kurang dari target yang telah direncanakan.
(3) faktor kendala dan upaya dalam penerimaan peserta didik baru yaitu
persaingan yang tinggi dan kurangnya minat calon peserta didik, sedangkan upaya
yang dilakukan panitia adalah promosi semaksimal mungkin dan bekerjasama
dengan beberapa SMP/MTS. (4) hasil evaluasi penerimaan peserta didik baru
yaitu calon peserta didik belum sesuai target, kurang maksimalnya promosi dan
kalah persaing dengan sekolah negeri. Untuk hasil evaluasi ini di buat secara
tertulis dalam bentuk laporan pertanggungjawab (LPJ).
Kata Kunci : manajemen, peserta didik, dan penerimaan peserta didik baru.
013/EKO/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain