Text
Skripsi : PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet) - CD Skripsi
ABSTRAK
Echa Meidiana M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Mengembangkan Usaha
Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet). 75
halaman
Media sosial digunakan sebagai alat komunikasi pemasaran untuk
meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk, meningkatkan image produk,
dan berakhir pada peningkatan penjualan (Kotler dan Keller, 2016). Mengembangkan
usaha melalui media sosial terkadang menghadapi masalah seperti faktor modal,
konten kurang bervariasi, strategi promosi kurang efektif. Tujuan penelitian untuk
mengetahui pemanfaatan media sosial yang dilakukan dalam mengembangkan usaha
mahasiswa, mengetahui strategi promosi dengan memanfaatkan media sosial untuk
mengembangkan usaha mahasiswa, dan mengetahui kendala dan solusi dalam
pemanfaatan media sosial untuk mengembangkan usaha mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian: 1)
Pemanfaatan media sosial untuk mengembangkan usaha mahasiswa semakin
berkembang. Dilihat dengan bertambah jumlah produk, bertambah angka penjualan,
pendapatan meningkat, laba bertambah dan semakin dikenal oleh masyarakat luas; 2)
Strategi yang digunakan menampilkan pamflet berisi gambar yang menarik, deskripsi
jelas, diskon dan nomor yang dapat dihubungi, menampilkan testimoni dan harga
paket promo; 3) Kendala dan solusi yang dihadapi tiap mahasiswa berbeda-beda
berdasarkan usahanya masing-masing, menyebabkan solusi yang dilakukan juga
berbeda-beda.
Kata Kunci: Media Sosial, Pengembangan Usaha, Usaha Mahasiswa
015/EKO/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain