Text
Skripsi : EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LURING SISTEM SHIFT MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XII AKUNTASI 1 SMK N 1 PURWODADI - CD Skripsi
ABSTRAK
ANANDA RIZKY NUGROHO. NPM: A1218110015 “ Efektifitas
Pembelajaran Luring Sistem Shift Mata Pelajaran Produk Kreatif dan
Kewirausahaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XII Akuntasi 1 SMK N 1
Purwodadi”. Skripsi, Jurusan Sl Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Semarang, Tahun 2022, 55 halaman.
Semenjak dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 2 Tahun 2022 tentang
aturan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di masa pandemi Covid-19, Intruksi
Bupati Grobogan Nomor 4 Tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan
kegiatan masyarakat level 2 Covid-19 di Kabupaten Grobogan serta permintaan
orang tua siswa agar kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka, maka
pembelajaran yang memerlukan kegiatan praktik dilaksanakan dengan cara Luring
sistem shift.
Permasalahan yang dikaji adalah “bagaimana persiapan, pelaksanaan,
kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan agar mencapai keberhasilan
dalam pembelajaran dengan menerapkan Luring sistem shift pada mata pelajaran
Produk Kreatif dan Kewirausahaan”.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
sejauhmana efektifitas pembelajaran Luring Sistem Shift pada mata pelajaran
Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian
kualitiatif deskriptif. Yang menjadi lokasi penelitian ini adalah siswa kelas XII
Akuntansi 1 SMK N 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan. Sumber data diperoleh
dari dokumen hasil wawancara, catatan lapangan dan hasil observasi. Keabsahan
data yang dipergunakan adalah trianggulasi sumber yaitu mendapatkan data dari
sumber yang berbeda dengan teknik yang sama, serta triangulasi metode ini
dimana dilakukan dengan menggunakan cara wawancara kemudian dilanjutkan
dengan observasi guna memperoleh informasi yang sama.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat
deskriptif analisis. Data penelitian meliputi sumber data utama yaitu informan
atau responden dan sumber data tambahan. Informan atau responden terdiri dari
10 orang diantaranya kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, 2
orang guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan serta 6 orang siswa
kelas XII Akuntansi 1, yang mana 3 siswa dari shift pagi dan 3 siswa dari shift
siang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran luring sistem shift
pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XII Akuntansi 1
berjalan efektif, hal ini dibuktikan dengan pada pelaksanaan kegiatan
pembelajaran baik siswa maupun guru sangat antusias karena dalam pembelajaran
guru bisa membarikan materi pelajaran tidak tergantung dengan signal internet
yang ada, serta guru dapat membimbing siswa yang masih memerlukan
pendampingan sehingga guru bisa mengetahui progress keberhasilan dari kegiatan
pembelajaran yang dilakukan dan pada akhirnya hasil belajar siswa maningkat.
Kendala yang dihadapi pada saat pembelajaran luring sistem shift, yaitu :
a) terputusnya waktu saat guru memberikan materi pembelajaran, b) ada beberapaxv
siswa yang kurang fokus saat pembelajaran berlangsung dikarenakan mereka juga
mengerjakan tugas dari guru yang pembelajarannya melalui daring. Upaya yang
dilakukan agar pembelajaran luring sistem shift dapat berjalan efektif yaitu
dengan cara pada saat pembelajaran luring guru hanya menyampaikan pokok
materi pembelajaran yang ada mengingat waktu yang terbatas saat pembelajaran,
sehingga siswa merasa bahwa materi yang disampaikan oleh guru sangat
bermanfaat dan pada akhirnya mereka fokus memperhatikan apa yang
disampaikan oleh guru.
Kesimpulan yang di peroleh adalah melalui pembelajaran berjalan efektif
dengan model pembelajaran luring sistem shift. Saran kepada Kepala Sekolah
untuk melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran, bagi guru
hendaknya memperhatikan, membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran,
bagi siswa hendaknya memperhatikan, membimbing siswa dalam kegiatan
pembelajaran, serta bagi peneliti dapat memberikan referensi yang lebih luas
mengenai pembelajaran pada masa pandemi Covid-19
Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Luring Sistem Shift
016/EKO/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain