Text
Skripsi : EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI DI MA ABADIYAH GABUS PATI - CD Skripsi
ABSTRAK
Rina Sugiarti
Evaluasi Pembelajaran Daring Dalam Peningkatan Motivasi Belajar dan
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pada Masa Pandemi di
Ma Abadiyah Gabus Pati
V 75 halaman 7 tabel 1 gambar 4 lampiran
Covid-19 mengharuskan seluruh instansi pendidikan menerapkan metode pembelajaran
daring. MA Abadiyah Gabus Pati merupakan salah satu institusi pendidikan yang telah
menerapkan metode pembelajaran online sejak awal pandemi. Hasil observasi diketahui
motivasi belajar siswa cukup rendah serta jaringan internet kurang mendukung dan
kurang maksimalnya penggunaan sarana dan prasarana. Sehingga penelitian ini bertujuan
Mengetahui kekurangan dan kelebihan pada pembelajaran daring, ketersediaan sarana
prasarana, proses pembelajaran, hasil dan motivasi belajar siswa. Tigabelas informan
dipilih melalui purposive sampling. Analisis dilakukan secara diskriptif kualitatif.
Penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat keterbatasan dalam pengawasan
terhadap siswa, kemudian mata pelajaran geografi sudah menggunakan sarana
penyampaian melalui whatsapp group, google classroom, zoom meeting, pemberian
materi mengguanakan ppt dan pemberian file materi kepada siswa Pembelajaran mata
pelajaran geografi secara penuh dilakukan mengikuti kurikulum darurat Covid-19. Lalu,
Hasil nilai pengetahuan harian dan PAT/PTS menunjukkan hasil pada kategori tinggi
60% responden mengatakan bahwa mereka masih memiliki motivasi belajar meskipun
melakukan pembelajaran secara daring.
Pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi meskipun masih memiliki
kekurangan dalam pelaksanaannya yang dirasakan oleh guru maupun siswa namun jika
dilihat dari hasil belajar dan motivasi belajar siswa menunjukkan hasil yang baik. Saran
yang peneliti rekomendasikan adalah memanfaatkan teknologi seperti ppt, google
classroom, dan aplikasi temu online dengan semaksimal mungkin serta membuat design
materi agar lebih menarik Memberikan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan
memberikan kesempatan siswa untuk berekspresi Melakukan evaluasi rutin untuk
memantau hasil belajar dan pengawasan orang tua.
Kata kunci : Evaluasi; Pembelajaran Daring; Motivasi; Hasil Belajar
012/GEO/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Geografi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain