Text
Skripsi : PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA REMAJA RUMAH TAHFIDZ DARUL ISLAH - CD Skripsi
ABSTRAK
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Metode
pengumpulan data menunggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu
membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan
pengolahan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan
data dari lapangan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : penanaman nilai-nilai akhlakul
karimah di Rumah Tahfidz Darul Islah Sindang Sari Natar Kabupaten Lampung
Selatan sudah berjalan dengan baik. penanaman akhlak siswa dengan cara menjadi
teladan, pemberian nasehat, pembiasaan, dan hukuman. akhlak siswa sudah tergolong
cukup baik disekolah tersebut., faktor penghambat adanya keterbatasan waktu, siswa
kurang menyadari mengenai akhlak baik, Kurangnya perhatian orang tua, serta
Lingkungan masyarakat khususnya lingkungan pergaulan. Solusi yamg bapak/ibu
lakukan dalam mengatasi hambatan Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah siswa
yakni dengan cara melakukan arahan atau memberikan pejelasan kepada peserta
didik, meningkatkan hubungan dengan orang tua siswa/wali peserta didik,
Meningkatkan kerjasama dengan guru lain dan pemberian nasihat. Nasihat suatu
didikan dan peringatan yang diberikan berdasarkan kebenaran dengan maksud untuk
menegur dan membangun seseorang dengan tujuan yang baik.
Peran guru/ustadz di Rumah Tahfidz Darul Islah Kecamatan Natar,
Kabupaten Lampung Selatan memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai
Akhlakul Karimah. Guru merupakan contoh terbaik dalam pandangan anak, karena
segala tindakkannya, sopan santunnya, cara berpakaiannya, kedisiplinannya dan
tutur katanya akan selalu diperhatikan oleh peserta didik.
Solusi yang dilakukan Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah
yaitu guru memberikan nasihat serta masukan yang baik secara terus menerus
kepada peserta didik tentang hal-hal yang kurang baik.
009/PPKN/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain