Text
Skripsi : PERANAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENYIAPKAN GENERASI MUDA YANG CERDAS DAN BERKARAKTER - CD Skripsi
ABSTRAK
Rahmat Al Hafizs, NPM. A1118110030. Peranan Pendidikan Pesantren dalam
Menyiapkan Generasi Muda yang Cerdas dan Berkatakter di MTS Sunanul Husna
Ciputat Tangerang Selatan. Skripsi. FKIP. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan.
Universitas IVET Semarang, 2022. 127 Halaman.
Pendidikan pesantren sangat berperan aktif dalam menyiapkan generasi
muda menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter, karena pendidikan pesantren
mendidik siswa untuk mempunyai karakter yang sesuai dengan nilai-nilai islami.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peranan pendidikan pesantren
dalam menyiapkan generasi muda yag cerdas dan berkarakter; 2). Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan pendidian pesantren dalam menyiapkan generasi
muda yang cerdas dan berkarakter; 3) Untuk mengetahui kerja sama orang tua
dengan pesantren dalam memberikan pengawasan dan pengarahan terhadap siswa
MTS Sunanul Husna.
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif. Metode
penelitian ini dalam teknik pengumpulan data ada tiga, yaitu: (1) wawancara, (2)
observasi, (3) dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti
menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, uji
confirmanility. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
data model interaktif yang meliputi, yaitu: reduksi data, display data, conclusion
drawing.
Berdasarkan hasil uji keabsahan data dan analisis data, maka dapat
disimpulkan bahwa peranan pendidikan pesantren di MTS Sunanul Husna
menjadi pendidikan yang sangat mempengaruhi perkembangan dan perubahan
karakter siswa yang tidak baik menjadi baik. Pendidikan pesantren menjadi
pendidikan yang dominan dalam membentuk karakter siswa, selain di sekolah
belajar ilmu pengetahuan, di luar sekolah diberikan pembelajaran pendidikan
pesantren sehingga membantu membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai
islami. Guru yang mengajar pun memakai metode pendidikan pesantren salah
satunya yaitu metode kisah. Dan juga dilakukan yang namanya kerja sama dengan
pihak ketiga yaitu msyarakat dan orang tua siswa, sehingga di dalam sekolah dan
pesantren dibimbing oleh guru-guru dengan pendidikan pesantren dan di luar
sekolah masyarakat dan orang tua membantu untuk mengawasi dan mengarahkan
siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Pesantren, Generasi Muda, Cerdas, Karakter
010/PPKN/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain